Mantap, SMK N 1 Marancar Ditetapkan Sebagai Pelaksana Program SMK Pusat Unggulan

/ Kamis, 21 April 2022 / 16.45.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM-TAPSEL-SMK N 1 Marancar yang terletak di Jalan Raya Marancar KM 7,8 Kecamatan Marancar Kabupaten Tapanuli Selatan yang merupakan sentra pertanian dan perkebunan  mempunyai 3 kompetensi keahlian yaitu 1 Agribisnis Tanaman Perkebunan 2 Agribsisnis Tanaman Pangan dan Holtilultura dan 3 tehnik komputer dan jaringan.



SMK Negeri 1 Marancar di tetapkan sebagai pelaksanan Program SMK Pusat ke unggulan sesuai dengan Surat keputusan (SK) Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi, Kementerian Pendidikan,Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Nomor : 26/ D/ O /2022. Bidang Agribisnis dan Agroteknologi, Program studi Agribisnis produksi tanaman, Kompetensi Keahlian Agribisnis Tanaman Perkebunan. 


Demikian Disampaikan Kepala SMK N 1 Marancar Afwan Tarihoran M.Pd kepada awak media online di ruang kerjanya Kamis (21/4-2022).


Dikatakannya'" dalam surat keputusan tersebut Sekolah penyelenggara Pusat ke Unggulan melaksanakan sosialisasi kepada warga sekolah menengah kejuruan, Dunia kerja, serta pemangku kepentingan terkait lain nya. Serta berdasarkan Surat keputusan Kepala SMK Negeri 1 Marancar, Nomor :800/232/SMKN1/2022, Tentang tim Sosialisasi Program SMK Pusat ke Unggulan SMK Negeri 1 Marancar Tahun 2022. Menetapkan susunan dan personalia panitia pelaksana Tim sosialisasi SMK Pusat ke unggulan SMK Negeri 1 Marancar tahun 2022.

Dalam kegiatan ini sebagai peserta sosialisasi di hadiri oleh Guru dan staf SMK Negeri 1 Marancar, beserta Orangtua Siswa sebagai undangan dalam sosialisasi ini. Tim Sosialisasi menyampaikan Seputar SMK Pusat Ke -unggulan yang meliputi tujuan SMK Pusat Keunggulan , Manfaat SMK Pusat ke Unggulan Kepada kepala Sekolah, Guru dan  kepada peserta didik'" ujarnya.
Dalam Sosialisasi ini  orang tua siswa sebagai peserta sosialisasi mendengarkan dan menyimak penjelasan dari TIM Sosialisasi SMK Pusat Ke Unggulan  sambil memberikan apresiasi dan memberikan tepuk tangan yang meriah saat menyimak pemutaran video penjelasan SMK Pusat Ke Unggulan Tahun 2022. Selain memutaran video Tim Sosialisasi juga membagikan Brosur Seputar penjelasan SMK Pusat Ke Unggulan kepada Orang tua siswa'" Beber Kasek.
Lebih lanjut disampaikannya'" dalam kegiatan sosialisasi ini  orang tua siswa menyampaikan dengan kehadiran SMK Pusat Ke Unggulan  ini orang tua semakin bersemangat untuk menyekolahkan anak nya di SMK Negeri 1 Marancar, hadir nya SMK Pusat Keunggulan ini semoga SMK Negeri 1 Marancar yang kita cintai dan banggakan dapat membawa perubahan kemajuan pada murid dan seluruh warga sekolah, walau sebelum nya SMK Negeri 1 marancar  ini di tetapkan sebagai SMK Model,"beber Kasek.

SMK N 1 Marancar memilili  pendidik sejumlah  24 orang diantaranya sudah memiliki sertifikasi kompetensi dari BNSP '
sedangkan tenaga kependidikan sebaynyak4 orang,"ucap Kasek. 

Adapun visi dan misi SMK N Marancar adalah sebagai berikut
Mewujudkan insan beriman,cerdas dan ber prestasi(berdasi)
Sedangkan Misi yaitu 
1.Memberdayakan pendidik dan tenaga kependidikan, mematuhi standard yang telah ditetapkan 

2.melaksankaan proses pelajaran yang mencerdaskan dan keterampilan untuk hidup mandiri


3.Menumbuhkan budaya disiplin  belajar  bersih serta peduli dan berbudaya lingkungan


4.Menumbuhkan penghayatan terhadap agama dan budaya sebagai sumber perilaku 


5.Mengembangkan potensi peserta didik dan warga sekolah secara optimal untuk berperestasi,"ucap Kepala SMK N 1 Marancar.

Disampaikannya'" Kurukulum penyelarasan dengan mengedepankan  keselarasan line and made demi menghasilkan lulusan yang  kompetensi yang berkarakter memiliki kerjasama dengan iduka tyyna coffee.


Adapun sumber pembiayaan rencana aksi terdari dari 
1.APBN
2. APBD Provinsi
3.Bantuan kegiatan SMK Unggulan,"ujar Afwan Tarihoran.

Dalam kegiatan ini, SMK N 1 Marancar mendapat dukungan dari Pemerinrah desa, Pemerintah Kecamatan Marancar dan Pemerintah kabupaten Tapanuli Selatan  yang bersinergi dengan Dinas Pendidikan Pendidikan Provinsi Sumatera Utara,"ujarnya mengakhiri.(PS/BERMAWI)




Komentar Anda

Terkini: