Gladi Bersih ANBK SMA N 1 Angkola Barat Untuk Kelas XI Tahun 2022 Berjalan Lancar

/ Kamis, 25 Agustus 2022 / 20.17.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM-SITINJAK-Gladi bersih
Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) tahun 2022 kelas XI ( sebelas)  gelombang kedua Agustus di SMA N 1 Angkola Barat yang beralamat di Kelurahan Sitinjak Kecamatan Angkola Barat berjalan  aman dan lancar. 

Kegiatan ini dilaksanakan 2 hari. Hari pertama Rabu , 24 Agustus 2022  sesi I sebanyak 15 Orang dimulai pukul 8.00  – 10.00,  sesi II sebanyak 15 orang dimulai 10.30 - 12.00 dan sesi III sebanyak 15 orang dimulai  pukul 14.30 - 17.00.

Peserta didik mengerjakan soal literasi,numerasi , survey karakter, dan survey lingkungan belajar. 

Sedangkan hari kedua Kamis, 25 Agustus 2022  sesi I sebanyak 15 Orang dimulai pukul 8.00  – 10.00 sesi II begitu juga sebanyak 15 orang dimulai 10.30 - 12.00 dan sesi III  pukul 14.30 - 17.00 dan  peserta didik mengerjakan soal numerasi dan survey lingkungan belajar.

Demikian disampaikan Kepala SMA N 1 Angkola Barat Salamat Siregar S.Pd.M.Si didampingi Proktor Laila Azmi Pane S. Pd,  teknisi Dhea Anggreni Sinuraia ST kepada awak media Kamis (25/8-2022).

Kegiatan Gladi Bersih ANBK ini diikuti  sebanyak 45 peserta utama dan 5 peserta cadangan. Pelaksanaan ANBK ini menggunakan 1 ruangan yang setiap sesi diisi oleh 15 peserta dan didampingi oleh 1 proktor, 1 teknisi dan 1 pengawas. 

Sedangkan ANBK untuk. Guru yaitu survey lingkungan belajar secara online, " ujar Kasek. 

Lebih lanjut disampaikannya, " Asesmen Nasional adalah program penilaian terhadap mutu setiap sekolah,  dan program kesetaraan pada jenjang dasar dan menengah. Simulasi ini hanya untuk sekolah yang berstatus mandiri dan mandiri yang ditumpangi dengan moda daring atau semi daring.

Mutu satuan pendidikan dinilai berdasarkan hasil belajar murid yang mendasar (literasi, numerasi, dan karakter) serta kualitas proses belajar-mengajar dan iklim satuan pendidikan yang mendukung pembelajaran.  Informasi-informasi tersebut diperoleh dari tiga instrumen utama, yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter, dan Survei Lingkungan pembelajaran," ujar Kasek. 


Informasi-informasi tersebut diperoleh dari tiga instrumen utama, yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar.

Asesmen Nasional ini sangat perlu dilakukan untuk peningkatan mutu pendidikan khususnya di SMA N 1 Angkola Barat.  Asesmen ini dirancang untuk dapat menghasilkan informasi yang akurat untuk mengevaluasi dan memperbaiki kualitas belajar mengajar yang pada akhirnya akan meningkatkan hasil belajar murid. Asesmen Nasional akan menghasilkan informasi untuk memantau perkembangan mutu dari waktu ke waktu apakah pembelajaran yang dilaksanakan sudah merata ke semua murid atau belum," ujarnya. 

Asesmen Nasional bertujuan untuk menunjukkan apa yang seharusnya menjadi tujuan utama satuan pendidikan, yakni pengembangan kompetensi dan karakter murid. Asesmen Nasional juga memberi gambaran tentang karakteristik esensial sebuah satuan pendidikan yang efektif untuk mencapai tujuan utama tersebut. Hal ini diharapkan dapat mendorong satuan pendidikan  untuk memfokuskan sumber daya pada perbaikan mutu pembelajaran," beber Kepala Sekolah yang berpangkat golongan IV D ini.

Sedangkan ANBK utama dilaksanakan pada tanggal 29 Agustus sampai 1 September 2022," ujar Salamat Siregar mengakhirinya. (PS/BERMAWI)


Komentar Anda

Terkini: