Mahasiswa KKN UNIMED Apresiasi Pemkab Labura Respon Masalah Stunting Di Labura

/ Kamis, 11 Agustus 2022 / 23.01.00 WIB

 


POSKOTASUMATERA-COM-MEDAN 

Kuliah kerja nyata (KKN) Unimed desa kuala beringin bersama pemerintah Kabupaten Labura adakan penyuluhan dan pemberian makan tambahan (PMT) pada balita stunting di dusun XI batu juguk, Desa kuala beringin,Kamis, (11/8/22).

Kegiatan dihadiri langsung oleh wakil Bupati Labura H. Samsul Tanjung, Kepala DPPKB labura, kepala puskesmas londut.

M. Ananda Rizki Tambunan dalam keterangannya mengatakan kegiatan yang kami laksanakan ini adalah bentuk pengabdian kami terhadap masyarakat dan salah satu program kerja kami dalam melaksanakan KKN di desa kuala beringin terhadap permasalahan stunting.

Lanjut Ananda, stunting ini bukan permasalahan yang sepele karena stunting ini merupakan salah satu hambatan dalam menciptakan generasi yang hebat, maka perlu pencegahan agar memperkecil angka penurunan stunting dengan melibatkan seluruh lapisan yang ada baik instansi pemerintah dan juga masyarakat. Saya juga mengapresiasi pemkab labura yang telah sigap dalam permasalahan stunting dikabupaten labura.

Kemudian, salah satu mahasiswa KKN UNIMED Krisna Rahayu yang telah mewawancarai ibu balita yang mengalami stunting mengatakan “ Hasil penelitian yang kami dapat bahwa penyebab stunting pada anak tersebut yaitu faktor ekonomi
Karena kedua orang tua harus bekerja di ladang supaya bisa memenuhi kebutuhan hidup dan anak-anak kurang mendapat perhatian, minimnya Pengetahuan orang tua tentang gizi dan kurangnya Kasih Sayang Antar Keluarga. sebab orang tua sibuk bekerja sehingga kurang tau apa penyebab anaknya sulit makan, nafsu makannya rendah, dan sering sakit. 

"Artinya setelah mereka bekerja tidak ada respon terhadap evaluasi tentang pertumbuhan anak mereka, bahkan anaknya sakit selama 2 minggu saja hanya diberi obat dari posyandu/puskesmas, harusnya sudah dibawa ke rumah sakit," sebut krisna.

Diakhir pembicaraan Ananda yang merupakan ketua KKN Unimed desa kuala beringin menyampaikan terimakasih pada pemkab labura. 

“Saya mengucapkan terimakasih dan mengapresiasi pemkab labura yang telah respon dan sigap dalam permasalahan stunting dikabupaten labura, semoga bumi basimpul kuat babontuk elok ini segera terbebas dari permasalahan stunting,"harapnya.

(PS/SAUFI)
Komentar Anda

Terkini: