Apoi-apoi Kene Mo BangsaKU

/ Minggu, 25 Desember 2022 / 15.31.00 WIB

Natal GKPPD Sukadame Sederhana Tapi Mempunyai Makna Tersendiri

POSKOTASUMATERA.COM – DAIRI – Apoi-apoi kene mo bangsaKU (Hiburkanlah - hiburkanlah  umat-Ku  , demikian firman Allahmu) Yesaya 40:1,itulah Thema Natal Gereja Kristen Pakpak Dairi (GKPPD) Sukadame,Resort Sukadame Jalan Air Bersih Sidiklang Kabupaten Dairi yang dilaksanakan,Sabtu (24/12/2022).

Natal GKPPD Sukadame ini dilaksanakan secara sederhana,tapi mempunyai makna tersendiri kerna acara demi acara terlaksana dengan baik dan pihak keamanan dari jajaran Polres juga hadir untuk melakukan pengamanan Natal  tersebut.

Thema: Apoi-apoi kene mo bangsaKU (Hiburkanlah - hiburkanlah  umat-Ku  , demikian firman Allahmu) Yesaya 40:1 dan dengan sub Thema Pekiroh ni Jesus Kristus mi portibien merembahkan pengapoien,kepantasan deket kemenangan banta (Kedatangan Yesus Kristus ke dunia ini membawa penghiburan dan membawa kemenangan bagi kita).

Khotbah yang dibawakan oleh Pdt.Elisabet.M Tobing,S.Th seperti dalam Thema Apoi-apoi kene mo bangsaKU,”artinya Hiburkanlah - hiburkanlah  umat-Ku  , demikian firman Allahmu”.Hari ini adalah hari yang berbahagia bagi kita,dima pada mala ini kita akan memperingati hari kelahiran juruselamat kita yaitu Yesus Kristus penebus dosa kita.

"St.Master Padang,S.Pd.MM , Sodip Kumedu (Doa Syafaat)"
Yesus Kristus adalah Raja segala raja,yang mampu memberikan keselamatan untuk manusia,tentu hal iini harus kita bersukaria untuk menyambut Hari Natal yang saat ini kita laksanakan,walaupun secara sederhana,namun kehadiranNya itulah yang kita syukuri,juga dapat menyelamatkan kita dari dosa-dosa yang pernah kita lakukan,disengaja ataupun yang tidak disengaja,ungkap Pdt.Elisabet dalam khotbahnya.

Acara demi acara yang dilakukan oleh Natal umum GKPPD Sukadame,sperti prosesi pengendeng (Sintua/pengurus gereja) di pimpin oleh Pdt.Elisabet.M Tobing,S.Th.

Sedangkan acara pertama dilakukan Opening Ceremony (Peragenda/votum) yang dibawakan oleh St.Drs.Rasmon Sinamo,M.A.P juga merangkap sebagai Guru Kuria.sedangkan membawakan Nde (Nyanyian) Cal.St.Maringan Bancin.

Sedangkan penyalaan lilin yang sumber api dari  Pdt.Elisabet.M Tobing,S.Th selaku pengkhotbah,dan penyalaan lilin itu dilakukan dari utusan Pengendeng/Guru Kuria,dari kau partua ibale (kaum bapak),utusan partua Ibages (kaum Ibu),utusan Sintua pensiun,utusan lansia,Simda dan utusan Sekolah Minggu.

Sedangkan luturgi dilakukan bebrapa bagian seperti liturgy 1a untuk TK-SD,Liturgi 1b tentan penempaan.Begitu juga liturgi sampai ke-8 dari berbagi utusan juga. Acara itu juga ada dilakukan koor,seperti koor partua ibages,koor paduan suara Haleluya,koor partua ibale Mannen,koor Gloria dan koor Simatah daging(Simda).

Yang paling menarik lagi dilakukan oleh vocal group Pengendeng/Sintua.ada juga vocal group dari Gloria,Simda dan vocal solo atau perorangan seperti yang dibawakan oleh eca br.Padang.

Sedangkan yang membawakan sodip Kemedu (Doa Syafaat) St.Master padang,S.Pd.MM,dan diakhiri dengan kebaktian Natal umum dengan pemberkatan doa penutup dari Pendeta Resort Sukadame Batang Beruh Sidikalang ,Pdt.Elisabet.M Tobing,S.Th.

Stelah selesai kebaktian dilakukan pemberian hadiah Natal berupa Diakonia Sosial dan undian Lucky Draw,dan semua para sendihi/jemaat  tekun mengikuti acara demi acara. Akhirnya Guru Kuria GKPPD Sukadame “mengucapkan Selamat Natal bagi kita semua Njuah-njuah”. (PS/K.TUMANGGER).

"Doa pemberkatan akhir Kebaktian Natal Umum oleh Pdt.Elisabet M.Tobing,S.Th".

 

 

Komentar Anda

Terkini: