Rapat Teknis Percepatan Penyelenggaraan Satu Data Kabupaten Samosir

/ Selasa, 07 Maret 2023 / 12.51.00 WIB
POSKOTASUMATERA.COM-SAMOSIR - Untuk menindaklanjuti implementasi Satu Data Kabupaten Samosir yang sudah dilakukan beberapa waktu lalu, USAID ERAT Sumut kembali menggelar Lokakarya Tahap 3, Rapat Teknis Percepatan Penyelenggaraan Satu Data. 

Rapat pada senin (6/3) di Hotel JTS Parbaba, Kecamatan Pangururan kemarin merupakan rapat tindak lanjut penyelenggaraan satu data di Kabupaten Samosir, dan diikuti menjadi peserta adalah Dinas Kominfo, Bappeda Litbang, BPS Samosir, Bagian Ortala, Sekretaris dari OPD Se-Kabupaten Samosir, Tim IT dan Fasilitator dari USAID ERAT Sumut. Kata Kadis Kominfo Immanuel TP. Sitanggang. 

Dikatakan Immanuel, Program tersebut sebagai upaya dalam meningkatkan penyelenggaraan pemerintah yang efektif dan responsif khusunya untuk meningkatkan tata kelola data dalam mendukung capaian pembangunan yang optima sesuai dengan Perbup Samosir No.79 tahun 2022 dan SK Bupati Samosir No.483 tahun 2022 tentang Forum Satu Data Kabupaten Samosir.

Mewakili Bupati Samosir,  Kadis Kominfo Immanuel Sitanggang pada sambutannya menjelasakan Perpres 39/2019 telah mengatur perbaikan dan tata kelola data. Untuk itu mulai dari Desa, Kecamatan dan Kabupaten Samosir,  diharapkan harus sudah menjadi satu kesatuan data dan tidak lagi berbeda-beda. 

"Walau bagaimanapun, yang namanya data bisa saja terdapat perbedaan. Misalnya data kependudukan dari Dinas Dukcapil mungkin saja berbeda dengan data BPS. Oleh karena itu, melalui Perpres ini diharapkan tidak ada lagi ego sektoral setiap instansi", Katanya. 

Kita boleh berbangga karena dalam progres kita masih yang terdepan. Tetapi yang terpenting adalah hasilnya. Maka saya berharap agar seluruh peserta keseriusan mengikuti acara ini, Tegasnya. 

Provincial Governance Advisor USAID ERAT Sumut, Hawari Hasibuan, mengatakan rapat tindak lanjut percepatan implementasi Satu Data Kabupaten Samosir itu akan membahas dan memperkaya isi portal Samosir Satu Data (SASADA), sehingga portal itu nantinya dapat menyajikan data yang akurat terkait prioritas pembangunan sesuai dengan Visi dan Misi Pemkab.

Diaukui Hawari, dari 5 daerah yang bekerjasama dengan USAID ERAT terkait program Satu Data, sampai saat ini progres di Kabupaten Samosir yang masih terdepan. (PS/PARDIMAN)
Komentar Anda

Terkini: