Pemko Padang Sidempuan Gelar Pertemuan Promosi Terkait Perbaikan Gizi

/ Jumat, 26 Mei 2023 / 11.05.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM-PADANGSIDIMPUAN-Pemko Padang Sidempuan melalui Dinas Kesehatan melaksanakan 

pertemuan Promosi Terkait Perbaikan Gizi Masyarakat Dan Sanitasi Stunting (DBH-CHT) digelar di Aula Kantor Kecamatan Padang Sidempuan Tenggara pada Kamis (25/05/2023).
  
Dalam kegiatan ini Pemerintah Kota Padang Sidempuan melalui Dinas Kesehatan akan memberikan edukasi kepada perangkat desa dan undangan yang hadir perihal stunting.
      
Ita Arbaiyah, S.K.M, M.Kes selaku Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat memberikan paparan mengenai stunting kepada para perangkat desa dan undangan yang hadir. Ibu Ita menjelaskan stunting menjadi penting karena stunting terjadi dalam waktu yang tidak singkat.
   
"WHO menyebutkan balita stunting merupakan akibat kombinasi masalah dari tiga faktor selama 1000 hari pertama kehidupan yaitu asupan (pemberian ASI dan MPASI), infeksi dan keluarga."Paparnya 
   
Kepala Dinas Kesehatan Kota Padang Sidempuan, Balyan Siregar, M.Kes memaparkan stunting tidak hanya disebabkan oleh faktor ekonomi tetapi banyak faktor, sehingga dibutuhkan data stunting yang akurat sehingga bisa ditangani dengan tepat.
   
Koordinasi lintas sektor dibutuhkan untuk menangani stunting karena stunting bukan tanggung jawab Dinas Kesehatan saja. Lurah atau kepala desa mempunyai peran menyampaikan informasi mengenai edukasi stunting kepada masyarakat.
  
"Koordinasi pihak terkait dibutuhkan dalam penanganan stunting ini karena setiap pihak mempunyai tugasnya masing-masing sehingga target pencapaian penurunan stunting bisa dicapai." Paparnya.(PS/BERMAWI)
Komentar Anda

Terkini: