3 Kendaraan Tertimbun Longsor di Jalan Siantar-Parapat

/ Rabu, 19 Desember 2018 / 02.29.00 WIB


POSKOTASUMATERA.COM-PARAPAT-Hujan yang mengguyur Sumatera Utara dengan intensitas tinggi membuat bencana longsor terjadi di beberapa tempat. Terbaru, Selasa (18/12/2018) Jalan Lintas Siantar-Parapat mengalami longsor berakibat tertimbunnya 3 kendaraan yang melintas.

Sebagaimana realease pers yang diterima via Grup Whats App, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (Sumut) Riadil Akhir Lubis menyebutkan,telah terjadi longsor beberapa kali sejak pukul 11.00 Wib dan terjadi lagi longsor yang besar sekitar pukul 16.45  menimbun beberapa kenderaan roda 4 dan truck di ruas jalan menuju Kota Parapat Lintas Jalan Nasional di sekitar jembatan kembar Parapat.

Disebutkanya, longsor terjadi di Jalan. Parapat - Siantar di Jembatan Ganda Pabrik Ganjang  lebih kurang 1 Kilometer dari Parapat. 1 truk tronton,1 Pickup, 1 Toyota Rush tertimpa namun tak ada korban jiwa.

“Saat ini proses evakuasi sedang berjalan, lalu lintas sementara distop. Arus Lalin dari arah Tobasa macet panjang dan antri sampai Parapat,” tulisnya di laman Wahta App.

Dipaparkannya, dari arah Siantar macet total sampai sekitar  2 Kilometer dengan kondisi cuaca saat ini hujan lebat. Direncanakan akan pengalihan arus kenderaan dari Siantar tepatnya simpang Aek Nauli menuju Sipanganbolon sepanjang 18 Kilometer.

Disebutkannya, saat ini alat berat 1 unit sudah dikerahkan ke lokasi dan masih memerlukan penambahan 2  alat berat lagi. “Perlu pengerahan tambahan alat berat sudah kami koordinasikan dgn BPJN dan Dinas Bina Marga Sumut dan BPBD Kab. Simalungun,” kata Riadil Akhir Lubis. 

Saksi mata Erik Sinaga menjelaskan, awal melintasi jalan cuaca cerah, namun saat melintasi jembatan kembar terdengar suara gemuruh dari atas bukit sisi kanan jalan diikuti dengan curah air yang besar bersamaan dengan gelondongan kayu yang menghantam truk yang dikemudikannya.

"Saya kaget ada suara gemuruh lalu air berlumpur dan gelondongan kayu menghantam truk saya lalu saya melompat sementara truk terbalik," katanya Supir yang mengangkut bahan kelontong yang saat ini menuju arah Parapat dari Pematang Siantar. 

Hingga berita ini diturunkan Truk yang dikemudikan Erik Sinaga belum bisa dievakuasi sedangkan dia kendaraan lain yakni L 300 dan Toyota Rush telah dievakuasi petugas. (PS/PARDIMAN/REL)



Komentar Anda

Terkini: