KPU Asahan Gelar Sosialisasi Untuk Penyandang Disabilitas

/ Senin, 18 Maret 2019 / 13.32.00 WIB
Foto Bersama Komisioner KPU Dengan Peserta Penyandang Disabilitas Tuna Rungu. POSKOTA/SAUFI

POSKOTASUMATERA.COM - ASAHAN - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Asahan gelar Sosialisasi Pemilu Damai terhadap masyarakat yang terkena Disabilitas Tuna Rungu di ruang Kelas Sekolah Luar Biasa (SLB) Kelurahan Kedai Ledang Kecamatan Kisaran Timur Kabupaten Asahan, Minggu (17/2019) sekira Pukul 14.00 - 17.00 WIB.

Puluhan Penyandang Disabilias Tuna Rungu/Tuna Bicara dan Siswa SLB tersebut bersemangat mengikuti penjelasan Petugas KPU Asahan dan Relawan Demokrasi terkait Pesta Demokrasi yang akan berlangsung  17 April 2019 Mendatang.

Penyampaian informasi juga dibantu oleh Guru Ahli Bahasa Isyarat setempat dengan menggunakan bahasa tubuh dengan gerak tangan dan mulut  sebagai tanda bentuk komunikasi penyampaian kepada peserta.

Komisioner KPU Asahan Samiun Sembara Marpaung terlihat semangat menjelaskan kepada Peserta cara memilih Peserta Calon Legislatif maupun Presiden Republik Indonesia (RI) apabila saat mencoblos  di TPS  masing - masing nanti. 

"Kita gunakan hak suara Kita untuk memilih para Calon yang ada disurat suara nanti, bapak ibu harus bisa melihat siapa calon yang sudah ditentukan, karena untuk Legislatif tidak memiliki Foto pada surat Suara nantinya," jelas Samiun Sembara dalam sambutan didampingi dua Guru SLB sebagai penjabar penerjemah bahasa dengan menggunakan isyarat.  

Kegiatan sosialisasi itupun sangat disambut baik oleh masyarakat Tuna Rungu, sehingga acara sosialisasi tersebut diwarnai dengan pertanyaan oleh pihak KPU Asahan dan diberikan hadiah kaos bertulisan Pemilu damai. 

Saat diwawancarai usai sosialisasi, Komisioner KPU Asahan Samiun Sembara Marpaung menjelaskan, bahwa sosialisasi ini khusus buat Disabilitas Tuna Rungu dengan cara mengajarkan mereka tata cara memilih disaat Pemilu tiba nanti. 

"Kita pun mengajak mereka berpartisipasi mensukseskan Pemilu serentak nantinya dan kegiatan ini juga merupakan salah satu program Komisi Pemilhan Umum (KPU) Asahan dengan menghindari angka Golput," akhir Samiun dan berharap nantinya Disabiltas Tuna Rungu tidak kesulitan cara memilih Calon Legislatif DPRD/DPRD Provinsi/DPD/DPR - RI maupun Presiden dalam Pemilu 2019 Mendekat ini.

Dengan tertib dan aman, acara berakhir dengan Kuis hadiah bagi Penyandang Disabilitas untuk menjawab gerak gerik pertanyaan dari Penerjemah Bahasa Isyarat kepada Peserta Disabilitas tentang tahapan Pemilu dan beberapa peserta diberikan kaos baju KPU dan acara  berfhoto bersama Komisioner dan Penerjemah Narasumber Panitia. (PS/SAUFI).

Komentar Anda

Terkini: