Dinas Dalduk KB KB Kota Padangsidimpuan Gelar Pembinaan Ketahanan keluarga berbasis tribina di Desa Sabungan Sipabagun

/ Sabtu, 17 Agustus 2019 / 08.05.00 WIB
Ket Foto:Muhammad Syarif Siregar Kasi  Bina Ketahanan Remaja sedang memberikan pemaparan dalam kegiatan  ketahanan keluarga berbasis tribina di desa Sabungan Sipabangun Kamis (15/8).POSKOTA/BERMAWI
POSKOTASUMATERA.COM,PADANGSIDIMPUAN-Dinas Pengendalian Penduduk Dan Keluarga Berencana Kota Padngsidimpuan gelar pembinaan Ketahanan Keluarga Berbasis  Tribina ( BKB, BBR, BKL)  di Rumah Warga Masyarakat Desa Sabungan Sipabangun Kecamatan Padangsidimpuan  Hutaimbaru Kamis (15/8).

Peserta  dalam acara
Pembinaan Ketahanan keluarga berbasis tribina adalah kader kelompok BKB, BKR dan BKL.
Muhammad Syarif Siregar Kasi Bina Ketahanan Remaja selaku pemateri dalam paparannya antara lain menyampikan, "  Kita sangat bersyukur didaerah kita Pemerintah  Kota Padangsidimpuan yang menangani  KB hanya satu dinas,  namun kita lihat di daerah lain masih bertebar dengan dinas lain.

Seterusnya disampaikannya," Melihat kondisi saat ini  yang pertama yang harus dibenahi adalah keluarga. Unit keluarga terkecil  Mulai dari ayah, Ibu dan anak.
Disampikannya  untuk meningkatkan kualitas keluarga harus  dibentuk kelompok kelompok tribina yaitu kelompok ,  BKB, BKR dan BBL.

Bagaimana supaya kader sinergis, yaitu kader kader harus memberitahu tumbuh kembang anak. Bagaimana mengembangkan dan memberdayakan  Lansia. Agar program ini berjalan Kader harus menyampikan program yang disampaikan hari ini kepada ibu ibu yang ada  di desa Sabungan Sipabangun.

Lebih lanjut disampaikannya, Bina Keluarga Balita (BKB) adalah upaya peningkatan pengetahuan, ketrampilan dan kesadaran ibu serta anggota keluarga lain dalam membina tumbuh kembang balitanya melalui rangsangan fisik, motorik, kecerdasan, sosial, emosional serta moral yang berlangsung dalam proses interaksi antara ibu/anggota keluarga lainnya dengan anak balita.

Dan Bina keluarga remaja (BKR) adalah kegiatan yang dilakukan oleh sekelompok keluarga/orangtua untuk meningkatkan bimbingan/pembinaan tumbuh kembang remaja secara baik dan terarah dalam rangka membangun keluarga yang berkualitas.

Tujuan Bina Keluarga Lanjut Usia (BKL), untuk meningkatkan kesejahteraan lansia melalui kepedulian dan peran keluarga dalam mewujudkan lansia yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, mandiri, produktif dan bermanfaat bagi keluarga dan masyarakat(PS/BERMAWI)

Komentar Anda

Terkini: