Gelontorkan Dana Desa Untuk C-19, Kades Hutabaru Akan Bagikan 1180 Kg Beras Untuk Warganya

/ Rabu, 22 April 2020 / 02.37.00 WIB
                       
     
POSKOTASUMATERA.COM-
TAPSEL-Demi masyarakat yang terdampak akibat bencana Pandemi Covid-19 (corona) yang membuat ekonomi lesu dibeberapa wilayah sehingga masyarakat harus berjuang keras mencari biaya hidup, bahkan pada perubahaan harus merumahkan mereka.

Virus yang kini semakin mengkhawatirkan kesehatan masyarakat, pemerintah harus memberikan himbauan dengan memberlakukan Sosial Distancing dan Phycial Distancing. Mengacu dengan SE (Surat Edaran) Mendes PDTT No. 8 tahun 2020 tentang Desa Tanggap COVID-19 dan Penegasan Padat Karya Tunai Desa.

Anggaran dana desa memang diperbolehkan untuk direfocusing atau direlokasi untuk mempercepat penanggulangan Covid-19 akan tetapi diharapkan tepat pada sasaran.

Kades Hutabaru Siagian Kecamatan Batangtoru   Kabupaten Tapanuli Selatan Muhlis Pohan mengatakan bahwa desa Hutabaru Siagian  setelah sebelumnya telah menggelar Musdes bersama  BPD membahas anggaran yang akan digunakan dalam penanggulangan Covid-19, sehingga tercetus mengacu dengan kebijakan Dana Desa  diperbolehkan, bahkan hal tersebut telah dilaporkan ke Dinas PMD, Camat Batangtoru.

Kades Hutabaru Siagian bersama staf desa dengan kesimpulan demi masyarakat yang terdampak, pihaknya akan mengucurkan dana tersebut kemasyarakat dan akan  menyiapkan 1180 Kg   beras untuk 118 Kepala Keluarga diluar warga yang terdaftar Peserta PKH sebanyak 21 orang.

Menurut Pohan, dalam situasi Pandemi virus Covid -19 melanda banyak sekali warga terkena dampak dan banyak yang rawan miskin, usaha macet, maka dari itulah Pemdes Hutabaru Siagian punya inisiatif untuk memberikan beras kepada warga yang terdampak sesuai kreteria yang tidak dapat adalah TNI, Polri, PNS, Pensiunan, Penerima PKH.

“Kalau di luar itu kami sudah pasti akan berikan dan kami menggunakan dana desa untuk membantu masyarakat menengah kebawah seperti yang kurang mampu dan terdampak covid,”papar Kades Hutabaru Siagian.

Pembagian beras 10 kg untuk satu KK akan dilakukan secara berjenjang.

“Menurut Kades Hutabaru Siagian  bahwa pendistribusian beras dengan cara di bawakan kerumah-rumah warga oleh relawan penangulangan covid-19 dan satgas gotong royong,”kata Muhlis Pohan.

Selaku pejabat tingkat Desa, Muhlis Pohan tetap mengingatkan masyarakatnya agar senantiasa sehat sehingga terbebas dari virus bandel ini.

“Himbahuan kami tetap masyarakat Stay at home ,phbs,ingat pakai masker jika bepergian, selalu jalankan sosial distancing,”jelas Pohan.

Kades berharap kepada masyarakat Desa Hutabaru Siagian , mengingat warganya untuk selalu mematuhi himbauan Pemerintah dan protokol kesehatan. (PS/BERMAWI)
Komentar Anda

Terkini: