Dinas Dalduk KB Tapsel Gelar Pembinaan Kader KB Di Balai KB Kec. Angkola Selatan.

/ Senin, 09 November 2020 / 19.53.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM-TAPSEL-Keluarga yang berkualitas adalah keluarga yang dibentuk berdasarkan atas pernikahan yang sah dan bercirikan sehat , cerdas, sejahtera ,memiliki jumlah anak yang ideal, berwawasan ke depan, bertanggung jawab, harmonis dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.


Untuk mewujudkan itu, Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dalduk KB) Kabupaten Tapanuli Selatan Prov.  Sumatera Utara terus melakukan pembinaan ketahanan keluarga berbasis kelompok tribina yakni program keluarga bina sejahtera (BKS) yang meliputi Bina Keluarga Balita (BKB), Bina Keluarga Remaja (BKR) dan Bina Keluarga Lansia (BKL) di aula Balai KB Kecamatan Angkola Selatan Senin (9/11).

Kepala dinas Dalduk KB  Tapsel yang diwakili Sekretaris KB Hamonangn Siregar mengatakan  tujuan pembinaan kader KB adalah untuk meningkatkan pengetahuan, sikap dan keterampilan (PSK) keluarga dalam pengasuhan tumbuh kembang anak dan meningkatnya partisipasi masyarakat dan mitra kerja dalam pengasuhan dan pembinaan tumbuh kembang anak.

 
Tujuan lain adalah melembagakan kegiatan BKB di lingkungan keluarga dan masyarakat serta meningkatnya partisipasi keluarga Lansia pada Kelompok Bina Keluarga Lansia (BKL). Sehingga, terwujud kondisi lansia tangguh yang sehat, produktif dan mandiri," Ucap Hamonangan. 


Sekretaris Dalduk KB Tapsel Hamonangan Siregar,  menyampaikan bahwa pembinaan anak-anak , remaja dan lansia sangat berperan dalam kehidupan keluarga. Sehingga penguatan kemitraan kader-kader BKB dan BKL memberikan pengetahuan agar dapat berperilaku sesuai tahapan yang dibutuhkan oleh setiap individu yang ada.

“Dengan adanya program tribina yang telah di canangkan oleh BKKBN, akan meningkatkan kesejahteraan lansia melalui kepedulian dan peran keluarga dalam mewujudkan masa usia lanjut yang produktif, mandiri dan bermanfaat bagi keluarga dan lingkungan masyarakat,” terangnya.

Dia berharap, melalui kegiatan ini para kader dapat saling berkoordinasi tentang peningkatan pengetahuan wawasan dan perencanaan kegiatan positif para kader kelurahan dan bersinergi dengan PKK, semoga semakin bertambahnya pembentukan BKB holistik integratif (Terpadu) menuju paripurna di seluruh kelurahan se-Kecamatan Angkola Selatan. 

“Tentunya saya sangat berharap seluruh upaya yang dilakukan bisa mewujudkan pembangunan dan kesejahteraan keluarga menjadi keluarga kecil bahagia,” pungkasnya. (PS/BERMAWI)
Komentar Anda

Terkini: