FKUB Kota Padangsidimpuan Gelar Perlombaan Kepada Mahasiswa dan Pelajar Kota Padangsidimpuan

/ Rabu, 02 Desember 2020 / 22.22.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM-PADANGSIDIMPUAN-Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota P. Sidimpuan Dr. Zulfadli Nasution mengajak masyarakat untuk mewaspadai ‘penyusup’ atau provokator dalam kerukunan umat beragama.


“Penyusup makin banyak di bangsa ini, maka harus diwaspadai,” kata Ketua FKUB P. Sidimpuan Dr. Zulfadli Nasution saat membuka acara pengumuman pemenang lomba karya tulis Bulan Kerukunan di Kantor FKUB, Jl. Willlem Iskandar, Sadabuan, P. Sidimpuan, Rabu (2/12).Pemenang lomba karya tulis ilmiah ‘Bulan Kerukunan’ foto bersama dengan Ketua FKUB P. Sidimpuan Dr. Zulfadli Nasution 

Provokator yang ingin memperkeruh suasana, tuturnya, terutama yang berkaitan dengan kerukunan umat beragama merupakan suatu ancaman bagi keutuhan bangsa dan negara sehingga tidak bisa dianggap sepele.

“Penyusup yang diartikan sebagai provokator contohnya sekelompok orang yang hendak memecah belah keagamaan. Sebagai contoh beberapa waktu lalu di daerah ini pernah terjadi selebaran yang berisi fitnah terkait dengan keagamaan,” ungkapnya.

Menurutnya, penyusup bukan hanya terjadi dalam konteks kerukunan umat beragama, tapi juga ada penyusup secara ekonomi dan politik sehingga umat dituntut untuk jeli mewaspadai aksi dari penyusup tersebut.

Untuk membentengi generasi muda dari aksi oknum atau pihak yang ingin memecah belah umat, lanjut Zulfadli perlu diberikan penguatan pemahaman kerukunan umat beragama terhadap generasi muda seperti lewat lomba karya tulis yang digelar FKUB P. Sidimpuan.

Pemenang Lomba Karya Tulis
Lomba karya tulis ilmiah yang digelar FKUB P. Sidimpuan lewat program Perlombaan ‘Bulan Kerukunan’ diikuti mahasiswa dan pelajar dari berbagai perguruan tinggi dan SMA di Kota P. Sidimpuan.Sesuai dengan keputusan dewan juri Perlombaan ‘Bulan Kerukunan’ FKUB P. Sidimpuan No.01/DJ-PBK/FKUB-PSP/XI/2020 tanggal 30 November 2020, pemenang lomba karya ilmiah tersebut mendapaf sertifikat, trophy dan uang pembinaan.

Untuk tingkat perguruan tinggi, Juara I diraih Ramadhan Siddik Pane dari IAIN P. Sidimpuan disusul Dara Puspita Siregar dari Institut Pendidikan Tapanuli Selatan sebagai Juara II dan Ikhwani Hauna Aflah dari Sekolah Tinggi Agama Islam Pertinu P. Sidimpuan sebagai Juara III.

Untuk tingkat SMA, Juara I diraih Khoirunnisa Nasution dari SMA Nurul Ilmi P. Sidimpuan, disusul Irwan Syaiful Sati dan Nasya Feronika Ritonga dari SMA Negeri 5 P. Sidimpuan.

Pengumuman dan penyerahan hadiah kepada pememang lomba tersebut dihadiri Ketua MUI P. Sidimpuan, Zulfan Efendi Hasibuan MA, Kakankemenag P. Sidimpuan diwakili Lukman serta tokoh agama Kristen Benni Makdianto Siregar dan Sahat Tua Sinaga, Tokoh Agama Budha Benget Hasiholan S, SPd dan Tokoh Agama Islam Ustad Muhammad Asroi Hasibuan.
(PS/BERMAWI)
Komentar Anda

Terkini: