Pemerintah Pusat Tetapkan Tapsel Masuk Daerah Sasaran perogram PBIS

/ Jumat, 15 Januari 2021 / 17.55.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM-TAPSEL- Pemerintah Pusat melalui Perpustakaan Nasional RI menetapkan Kabupaten Tapanuli Selatan masuk daerah sasaran program Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial (PBIS) tahun 2020 dalam rangka mendorong kesejahteraan masyarakat. 


"Program transformasi PBIS untuk kesejahteraaan masyarakat melalui ketersediaan dan koleksi buku pada jenjang perpustakaan umum daerah, kecamatan, desa/kelurahan, taman bacaan, dan lainnya," kata Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Tapanuli Selatan Ongku Muda Atas Sormin, SE, MM kepada Wartawan  di Sipirok, Jumat (15/1).

Harapannya, kata dia, Perpustakaan dapat memberikan kontribusi positif kepada masyarakat pada masa Adaptasi Kehidupan Baru menghadapi pandemi corona virus atau COVID-19. 

"Transformasi perpustakaan sebuah keniscayaan yang dinilai dapat membantu meningkatkan kemampuan masyarakat, merubah mindset yang pada akhirnya kualitas hidup berubah bahkan bisa menjadi lebih baik," katanya.

Ia mengungkapan,  bahwa pada 09 September 2020 lalu, Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Tapanuli Selatan juga sudah melakukan pembinaan dan sosialisasi PBIS dan kesejahteraan di Perpustakaan Umum Daerah Prof.Lafran Pane Desa Pangurabaan Sipirok.

"Saat itu pesertanya terdiri dari Karang Taruna, Kelompok Pengerajin tangan manik-manik, Petugas Perpustakaan desa/kelurahan dalam rangka mendukung ditetapkannya Tapanuli Selatan program PBIS oleh pusat. Seluruh peserta juga diberikan pelatihan dasar komputer," katanya.

Lanjut dijelaskannya, bahwa Program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial bertujuan memperkuat peran perpustakaan umum dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia sehingga kemampuan literasi meningkat yang berujung peningkatan kreativitas masyarakat dan menipiskan kesenjangan akses informasi.

"Saya yakin dukungan sarana perpustakaan dan koleksi buku (literasi) untuk penguatan sumber daya manusia menuju masyarakat sejahtera adalah salah satu upaya pemerintah meningkatkan minat baca masyarakat di perpustakaan yang ada," katanya. 

Menurut dia, program PBIS akan semakin membuka wacana masyarakat lebih kreatif,  berinovasi. Apalagi, tambahnya, sejalan mendukung visi misi Pemkab Tapanuli Selatan untuk mewujudkan masyarakatnya yang cerdas, disamping sehat dan sejahtera.
(PS/BERMAWI)
Komentar Anda

Terkini: