Raih Kalpataru 2020, Pemkab Tapsel Bangun Tugu ‘Hatabosi’

/ Sabtu, 23 Januari 2021 / 16.21.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM-TAPSEL- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tapanuli Selatan (Tapsel) memberikan apresiasi kepada Komunitas Hatabosi (Haunatas, Tanjung Rompa, Bonan Dolok dan Siranap) yang berhasil meraih penghargaan Kalpataru tahun 2020 dari pemerintah pusat melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Republik Indonesia.


Sebagai wujud apresiasi atas keberhasilan itu, Pemkab Tapsel membangun tugu ‘Hatabosi’ di Simpang Siranap Desa Tanjung Dolok Kecamatan Marancar Kabupaten Tapsel.

Camat Marancar, H. Supri Siregar,  S. Sos ketika dihubungi awak media  Sabtu (23/1/2021) membenarkan bahwa tugu itu dibangun atas keberhasilan Komunitas Hatabosi meraih penghargaan Kalpataru sesuai SK. Menteri LHK RI No. S.302/MENLHK/PSKL/PEG.7/7/2020.

Dikatakan Supri, bangunan tugu tersebut mempunyai makna yang sangat dalam, artinya setiap masyarakat melihat tugu ini merasa bangga disamping agar dapat menjaga dan tidak boleh merusak atau menebang pohon sembarangan. 

Selain itu, tugu itu juga sebagai simbol bahwa daerah itu telah berhasil meraih penghargaan Kalpataru dari pemerintah pusat melalui Kementerian LHK.

“Harapan kami dengan tugu peringatan ini tidak hanya sebagai simbol, tetapi lebih dari itu mengajak masyarakat untuk menjaga lingkungan tanpa merusak ekosistem yang ada di Kecamatan Marancar sehingga mampu mempertahankan Kalpataru setiap tahun,” ujar Supri.

Ia mengatakan, tugu peringatan itu juga sebagai simbol bahwa pemerintah daerah dan masyarakat memiliki komitmen yang kuat untuk menjaga lingkungan hutan sekitar Hatabosi.
(PS/BERMAWI)
Komentar Anda

Terkini: