Memprihatinkan, Warga Bagan Asahan Minta Kementrian Perhatikan Dermaga Panton

/ Kamis, 15 Juli 2021 / 17.00.00 WIB

 


Dermaga Panton Dibagan Asahan perlu perhatian serius kementrian (POSKOTA/SAUFI)

POSKOTASUMATERA.COM-ASAHAN

Pelabuhan dan dermaga adalah kedua fasilitas yang tidak dapat dipisahkan, karena keduanya memiliki keterkaitan dalam menjalankan fungsi dalam kegiatan transportasi perairan. Hal nya Dermaga adalah area atau tempatnya dimana biasanya kapal-kapal bersandar, jadi dermaga merupakan tempat persinggahan ataupun penambatan kapal, jenis kegiatan yang ada. Hal nya yang ada  di dermaga Panton Dibagan Asahan Kabupaten Asahan Provinsi Sumatera Utara ini. 

Sebagaimana, dermaga dapat berfungsi sebagai Bongkar muat barang,Turun naik penumpang,Pengisian bahan bakar Dan perbekalan awak kapal.

Semestinya yang disebut di Kabupaten Asahan ini yakni Dermaga panton bagan tersebut  dermaga yang bisa seharusnya di peruntukan eksport Import. Kenapa tidak dipergunakan sebagaimana mestinya? 

Salah seorang warga Bagan Asahan izal  mangatakan, saat ini kondisi Dermaga Panton Bagan Asahan ini  tersebut kondisinya memprihatinkan dan seharusnya diperhatikan pemerintah kabupaten maupun pemerintah pusat.

Pasalnya saat ini, Panton yang sesuai fungsinya adalah sebagai pelabuhan ekspor impor barang, namun kini hanya  dimanfaatkan warga sebagai persinggahan kapal nelayan.

"Iya seperti ini lah saat ini, Panton ini terkesan terbiarkan sesuai fungsi keberadaan dermaga ini, yakni ekspor impor barang tidak ada. Padahal semestinya dengan adanya aktivitas ekspor impor di dermaga Panton ini bisa mendorong perekonomian masyarakat disini, "sebut Izal, salah seorang warga setempat yang ditemui Poskota di lokasi, Kamis(15/7/21).

Senada dikatakan Amir Sitorus, Kepala Dusun setempat yang mengharapkan agar pemerintah dapat mengembalikan fungsi dermaga Panton itu untuk bisa meningkatkan potensi ekonomi di daerah tersebut. 

"Sejak dibangun tahun 90 an, fungsi panton saat ini hanya digunakan sebagai bongkar muat para nelayan, dan sebagai tempat persinggahan sementara para nelayan. Sungai nya juga sudah mulai dangkal. Perlu pengerukan, supaya kapal ekspor impor bisa bersandar di dermaga Panton ini. Kami berharap pemerintah bisa kembali memfungsikan dermaga Panton ini, "bebernya agar hal tersebut menjadi perhatian serius pemerintah.

Namun menurutnya, jika Panton ingin dijadikan sebagai lokasi pelabuhan ekspor impor, harus ada keseriusan pemerintah. Dan memberikan jaminan kepada masyarakat bahwa dengan adanya aktivitas di dermaga itu mampu memberikan manfaat bagi masyarakat setempat.

"Sudah pernah direncanakan untuk pengerukan,namun ya sampai saat ini hal itu tidak juga ada terelesasi,"ujar Amir Sitorus.

"Dermaga Panton Asahan  salah satu ini berharap  masyarakat kepada pemerintah daerah maupun pusat serta kementerian agar ditindak lanjuti,” kata tersebut.

Untuk itu harapnya,agar pemerintah memperhatikan dan  secepatnya adanya dilakukan pengerukan di  Dermaga Panton Bagan  Asahan ini. Pasalnya di dermaga tersebut bisa menjadi mata pencarian dan  digunakan masyarakat untuk bongkar muat barang dan transportasi air dan lainnya bisa difungsikan dan tertata. 

(PS/SAUFI)




Komentar Anda

Terkini: