Camat Tano Tombangan Angkola Indra Sakti,S.Sos Dan Anggota DPRD Tapsel James Watt Siregar Hadiri Musrenbang Desa Aek Parupuk

/ Senin, 24 Januari 2022 / 20.33.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM-TAPSEL-Pemerintah Desa Aek Parupuk Kecamatan Tano Tombangan Angkola  menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat Desa yang bertempat di kantor desa  Senin, 24 Januari 2022.


Turut hadir dalam acara musrenbang Desa Aek Parupuk Kecamatan Tano Tombangan Angkola Camat Tano Tombangan Angkola Indra Sakti,S.Sos, anggota DPRD Tapsel James Watt Siregar, Tenaga Ahli, aparat desa,KetuanBPD dan anggota, Kepala Puskesmas Batu Horpak, Kader Posyandu,Ketua PKK Desa Aek Parupuk, Pendamping desa,LPMD,PLD, tokoh masyarakat, Wartawan dan undangan lainnya.

Camat Tano Tombangan Angkola salam arahannya antara lain menyampaikan musyawarah desa ini adalah untuk memupakatkan dari dana anggaran dana desa dan anggaran APBD Tapsel,APBD Provinsi dan APBN yang dilaksanakan secara rutin tiap tahun. Musrembang ini dilaksanakan dari masyarakat, untuk masyarakat dan oleh masyarakat.

Alokasi dana desa dilaksanakan berdasarkan aturan yang berlaku yaitu berdasarkan PMK  nomor 190 tahun 2021 tentang penggunaan dana desa Program perlindungan sosial berupa bantuan langsung tunai desa paling sedikit 40% (empat puluh persen);

b.program ketahanan pangan dan hewani paling sedikit 20% (dua puluh persen); 

c.dukungan pendanaan penanganan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) paling sedikit 8% (delapan persen), dari alokasi Dana Desa setiap desa.

Dari total 100% (seratur persen) Dana Desa yang diterima tiap desa, Pemerintah Desa hanya bisa mengalokasikan 32% (tiga puluh dua persen) dari Dana Desa untuk memenuhi kebutuhan program sektor lainnya. 

Camat Tantom berharap kepada Bapak Anggota DPRD Tapsel James Watt Siregar untuk anggaran APBD Tapsel maupun APBD Provinsi dan APBN untuk mengkawal usulan musrenbang kita ini.

Selanjutnya Tenaga ahli dari Kabupaten Tapanuli Selatan Hamid Silaen menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Desa Aek Parupuk bahwa tahun ini Anggaran dana desa untuk desa Aek Parupuk naik dari tahun yang lewat.  Anggaran dana sesa Aek Parupuk sebesar Rp 940.971.000. Musrembang kita ini sudah sangat lengkap yaitu ada hadir dari unsur Politik, tenograt,Pemerintahan. 

Untuk tahun ini dana desa terjadi penurunan untuk seluruh Indonesia yaitu untuk tahun 2021 Anggaran dana desa sebesar Rp 72 Milyard sementara tahun 2022 ini  anggaran dana desa sebesar Rp 68 Milyard," ujarnya.

Sedangkan dana  Desa Aek Parupuk untuk tahun 2022 ini naik.Kenapa dana desa bisa naik tahun ini untuk desa Aek Parupuk karena Pemerintah melihat dari kinerja yang baik dari Pemerintah desa  dan  serius mengelola anggaran dana desa," ujarnya. 

Lebih lanjut disampaikannya," pagu anggaran DD kita 40 Persen minimal untuk BLT,  karena Presiden RI untuk pemulihan ekonomi secara nasional. Dampak Covid-19 ini bisa sampai dua tahun, bahkan empat tahun, " ujarnya. 

Kepala Desa Aek Parupuk R. Panggabean SH mengucapkan banyak terimakasih kepada Bapak Camat,  Anggota DPRD Tapsel James Watt Siregar,Tenaga ahli,Pendamping desa, pemdamping lokal desa, Kepala puskesmas  dan seluruh yang hadir dalam acara ini.


Untuk perangkat Desa, dan tokoh masyarakat yang hadir saya saya harapkan menyampaikan hasil Musrenbang ini nantinya kepada masyarakat yang tidak hadir agar tidak terjadi salah paham dan tidak menjadi cerita yang tidak baik. Maka dari itu apabila ada usulan – usulan sampaikan saja di forum apapun usulan bapak – bapak dan ibu – ibu semua akan kita tampung. Ujarnya.

Dalam musrenbang tersebut Kepala Puskesmas Batu Horpak Friska Silalahi mengusulkan alat lat  pemeriksaan gula,  pemeriksaan kolesterol, pemeriksaan asam urat untuk warga masyarakat 15 tahun keatas. 


Seterusnya pemberian makanan bergizi untuk Balita, Peralatan kesehatan untuk posyandu, Posbindu, dan lain sebagainya. Untuk item anggaran untuk. bidang kesehatan bisa berkoordinasi dengan bidan desa," ujarnya. 

Pantauan awak media hasil musrenbang desa Aek Parupuk  yaitu untuk   APBN  normalisasi Sungai batangangkola,   APBD  Kabupaten Tapanuli Selatan pembangunan  drainase dengan anggaran Rp 150 Juta, APBD Provinsi yaitu  bedah rumah 20 unit dan jalan keliling lingkungan desa.

Sedangkan anggaran dana desa anggarannya mengacu pada PMK  nomor 190 tahun 2021 tentang penggunaan dana desa. Pagu Dana desa tahun anggaran . 2022 Rp 940.971.000.

Anggaran penggunaan BLT 40 persen Rp 376.388.4000. Ketahanan pangan 20 persen Rp 188.194.2000. Dana covid 8 persen.Rp 75.277.680.
Total  639.860.280.
Sisa anggaran Rp 301 110.720.(PS/BERMAWI)




Komentar Anda

Terkini: