Ketua NNB Tapsel : Ayo Lestarikan Alam Khususnya Daerah Aliran Sungai Dan Rawan Longsor

/ Sabtu, 29 Januari 2022 / 05.43.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM-TAPSEL-Inilah yang harus kita Lakukan dalam upaya melestarikan alam khususnya daerah Aliran Sungai  dan Daerah rawan longsor ucap Riski Abadi Rambe selaku Ketua NNB Tapsel dalam Acara Gerakan Hijau berbasis Ekonomis dan ekologis yang di selenggarakan Didesa huta Padang Kecamatan batang angkola,. Gerakn hijau ini menjadi desa kedua yang diselenggarakan oleh NNB Tapsel dengan Target 57desa di seluruh tapsel Jum'at (28/1-2022).

Riski Abadi Rambe memperkenalkan Rumput Vetiver Kepada masyarakat atau yang disebut Akar wangi Rumput ini disebut rumpuh pencegah Longsor, ujar Riski abadi rambe, Dimana akarnya mampu mencapai 4 kedalam tanah, selain itu rumput Ini juga mampu meningkatkan PH Tanah dan Juga meengikat tanah sehingga Tanah tercegh dari longsor., sebagai organisai adat tentunya harapan kita Bahwa Budaya Gotong Royong itu harus kita gerakkan kembali. 

Kepala Desa Huta Padang Kec.Batangangkola Doramos Tampubolon juga mengumkapkan bahwa mengapresiasi program NNB tapse dan berterimakasih kepada NNB telah melakukan Gerakan Hijau di Desa kami, desa kami berada di Dua aliran sungai, yang Pertama adalah Das Batang Angkola simargargari yang sudah  mengikis dan Menghanyutkan Kurang Lebih 5 Hektar lahan Pertanian Masyarakat,. 

Selain itu Ada sungai Aek siunjam yang bermuara dari Tor simiccak perlu dilakukan Penghijauan agar tidak meluap kepemukiman, masyarakat,. Aek siunjam sudah Pernah naik hingga sampai 4 meter dan masuk ke lahan masyarakat.

Camat batang angkola  ibu Emmy Farida,S.Pd MM. Yang turut hadir yang di Wakili sekcam  batang angkola  Ahmad Yunansyh Lubis, SSTP. Turud mendukung Kegiatan NNB, Dan akan mendukung Program Tersebut, beliau menyampaiakan jangan hanya desa huta padang, kita harus Lakukan dibanyak desa khususnya kecamatn batang angkola. 

Selain Itu kepala Badan Penanggulan Bencana alam daerah Kab. Tapsel  Ilham Suhardi, yang diwakili  kabid Pencegahan Handi Batubara juga menyampaikan Apresiasi kegiatan NNB Tapsel dalam Upaya Pencegahan Dini bencana Bancir dan Longsor, ini merupakan program yang sangat baik turut serta mendorong masyarakat agar peduli alam, Jaga Alam-jaga Kita yel-Yel yang di galakakan Pak kabid tersebut,pak andi juga menyampaikan terimakasih atas kegiatan tersebut, Ini juga Mendukung program pemerintah khusunya BPBP tapsel,. Umumnya pemerintah Kab. Tapsel dalam Mewujudkan Masyarakat Yang  maju, sehat, cerdas, dan sejahtera sembari membuka acara secara resmi, 


Selanjutanya penyerahan Bibit kepada desa bambu kuning sebayak 60 dan Rumpu Vetiver sebayak 27,yang diteruskan dengan aksi penanaman ke Daerah aliran Sungai Batang angkola simargargari desa. Hutapadang. 


Turut hadir dalam acara tersebut, sekdes dan prangkat desa, Pemuda Panca MARga (PPM). porum Komunikasi Sosial (FoKuS). mahasiswa UMTS  dan NNB . muaratais dan Relawan Bencana.(PS/BERMAWI)



Komentar Anda

Terkini: