Wujudkan kesehatan masyarakat, Puskesmas Marancar Udik gelar lokakarya Mini Lintas Sektor

/ Selasa, 15 Maret 2022 / 22.18.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM-TAPSEL- Dalam rangka mewujutkan kesehatan masyarakat, khususnya masyarakat kecamatan Marancar bukan hanya menjadi tanggungjawab sektor kesehatan saja, melainkan tanggungjawab bersama, karena kesehatan memiliki relasi dampak besar semua sektor.


Hal ini disampaikan Kepala Puskesmas Marancar Udik Eva Lesrina Asrin Siregar,SST pada saat lokakarya Mini Lintas Sektor di Aula Puskesmas Marancar Udik Selasa (15/3-2022).

Lebih lanjut disampaikannya,"  kesehatan memiliki relasi dan dampak besar pada semua sektor, seperti ekonomi, pendidikan, sosial dan sebagainya, karena semua hal tidak akan berjalan jika pelaku atau manusianya tidak sehat.

Lokakarya Mini Lintas Sektor Puskesmas adalah salah satu ruang membangun komitmen, menyatukan misi ditingkatan pemangku kepentingan, camat sebagai pemerintah kecamatan, kepala desa sebagai representasi masyarakat desa, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda, dan puskesmas sebagai instasi kesehatan untuk sama-sama bersinergi meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

Ditambahkannya, lokakarya mini sektoral merupakan suatu pertemuan antar petugas puskesmas dengan sektor terkait untuk meningkatkan kerjasama tim, memantau cakupan pelayanan puskesmas serta membina peran serta masyarakat secara terpadu agar dapat meningkatkan fungsi puskesmas itu sendiri.

“Dengan lokakarya lintas sektor ini diharapkan mendapat dukungan dan masukan dari lintas sektoral dalam rangka meningkatkan pelayanan kesehatan yg lebih baik kepada masyarakat”, pungkasnya.

Kepala Puskesmas Marancar Udik EvaLesrina Asrin Siregar,SST menjelaskan, dari hasil lokakarya mini ini nantinya ada peran serta masyarakat desa untuk membantu program-program prioritas di Puskesmas  Marancar Udik. Karena kegiatan ini masih dalam situasi pandemi, sehingga yang kita undang terbatas, bagi undangan yang hadir wajib prokes.

Lokakarya mini lintas sektor Tahun 2022 yang digelar oleh puskesmas Marancar Udik dibuka langsung oleh Camat  Marancar , dihadiri  Kapus Marancar Udik, Camat Kecamatan Marancar,  Kapolsek Batangtoru yang diwakili Kanit Reskrim,  Babinsa,  Bhabinkamtibmas, Kasek SMK 1 Marancar,Kasek SMP 1 Marancar,  Kasek SMP 2 Marancar  Seluruh Staf Puskesmas Marancar , Kepala Desa/Lurah, IBU ibu Kepala SD Se - Kecamatan Marancar.

Camat  Kecamatan Marancar Rosnanni Pasaribu,S.Pd,MM mengucapkan banyak terimakasih atas undangan Kepala Puskesmas Marancar Udik dalam acara Lokakarya mini lintas sektoral.


Atas nama Pemerintah Kecamatan Marancar  menyampaikan apresiasi kepada Ibu Kepala SD Se- Kecamatan Marancar dimana bulan Pebruari kemarin saya bersama Ibu Kapus, bapak Babinsa,Bapak Danramil, Bapak Kapolsek Batangtoru, mendapat penghargaan 5 besar Se Tapanuli Selatan  capaian vaksinasi dosis satu untuk tingkat pelajar.Kami mengucapkan banyak terimkasih kepada Ibu/ Bapak  Kepala Sekolah. sudah mengadapi rintangan orangtua murid tetapi alhamdulillah perjuangan orang Bapak / ibu bisa kita capai. 

Dan untuk kepala Desa/Lurah    saya mengucapkan banyak terimakasih 15 Kecamatan di Tapsel ini,  Kecamatan Marancar  mencapai nomor 8 tercepat mencapai target vaksinasi 70 persen. Disi saya mengucapkan terimkasih. Bukan saja pikiran yang  Bapak /Ibu  keluarkan dalam mencapai target vaksinasi, habis semua tenaga dan materi dalam mencapai target vaksinasi," Ujar Camat Marancar.





Dana juga untuk kepala SD,SMP dan SMK saya.juga mengucapkan banyak terimakasih atas bantuannya. Tanpa bantuan Bapak/Ibu tidak mungkin tercapai vaksinasi. Jadi Tidak percuma apa yang disampaikan Pak Bupati Tapsel itu Kecamatan Marancar Kompak. Jadi atas kekompakan itu kita bisa meraih penghargaan dari Kapolres Tapanuli Selatan . Mudah mudahan nanti di dosis tiga kita sama sama berjuang dan puskesmas selalu mendukung kita dan membantu kita dilapaagan.  Seperti apa  disampaikan Pak Bupati Marmarstyle atau marudan marlasniari.





Perjuangan kita semua tidak kenal kalender merah semua kalender hitam karena terus main di luar jam kerja," ujar Camat Marancar.


Jangan ada kata pecah belah diantara kita dalam mengemban tugas ini, dengan tugas kita dan tantangan kita yang berat ini mohon maaf saya belum bisa memberikan hadiah kepada  Bapak/ibu  dan Allah SWT yang membalas kebaikan kita semua. Jadi dengan Ucapan 
Bismilahirrohmanirrohim rapat lintas sektoral Kecamatan Marancar Saya buka dengan resmi.

Acara dilanjutkan pemaparan 8 Orang dari masing masing bidang di Puskesmas Marancar Udik. Usai pemaparan dilanjutkan dengan sesen tanya jawab dengan peserya lokakarya mini lintas sektoral.

Acara terakhir dilanjutkan dengan penandatanganan komitmen lintas sektotal dimulai dari Camat, Kepala Puskesmas Marancar Udik, Kepala Sekolah, Kepala Desa Lurah, Kanit Reskrim Polsek Batangtoru, Babinsa, Bhabinkamtibmas,Pegawai Puskesmas dan Undangan lainnya.(PS/BERMAWI)
Komentar Anda

Terkini: