Optimalkan Lahan Pekarangan,Lurah Aek Pining Manfaatkan Pekarangan Kantor Lurah Budidaya Tanaman Obat Keluarga

/ Selasa, 10 Januari 2023 / 18.35.00 WIB
Lurah Aek Pining Kec.Batangtoru Hendra Sakti Siregar sedang mencat kantor pekarangan kantor Lurah

POSKOTASUMATERA.COM-TAPSEL-Optimalkan Lahan Pekarangan, Lurah Aek Pining Hendra Sakti Siregar membudidayakan tanaman yang berkhasiat sebagai obat-obatan.

“Ya, dimanfaatkan untuk budidaya tanaman obat keluarga atau Toga,”kata Lurah, disela sela mencat pagar pekarangan Ktr Lurah, Senin (09/01/2023).

Menurut Lurah," lahan pekaranfan ditanami Tanaman obat keluarga dan sayur sayuran sebagai ketahanan dan mengoptimalkan lahan pekarangan agar menjadi nilai ekonomis dan dapat dimanfaatkan untuk obat obatan," ucap Lurah.

Hendra Sakti Siregar mengajak masyarakat dikelurahan Aek Pining Kecamatan Batangtoru  untuk memanfaatkan lahan pekarangannya masing masing sebagai tempat membudidayakan tanaman yang berkhasiat sebagai obat-obatan.

"Menurutnya, membudidayakan toga atau tanaman hasil budidaya rumahan yang berkhasiat sebagai obat, setidaknya dapat memacu rumah tangga keluarga untuk membangun usaha kecil dan menengah pada bidang obat-obatan herbal.


“Bagus, bila setiap keluarga mampu membudidayakan tanaman obat secara mandiri serta memanfaatkannya, sehingga akan terwujud prinsip kemandirian dalam pengobatan keluarga,”ucapnya lagi.


"Dikatakan, dengan melakukan pemanfaatan lahan dan pekarangan sebagai budidaya toga, maka secara tidak langsung dapat meningkatkan nilai ekonomi, menambah pendapatan keluarga.
“Caranya, bisa saja dengan menjual produk hasil budidaya toga melalui diversifikasi produk usaha baru atau dapat juga dijadikan sebagai jamu tradisional,”cetusnya.

Selain itu melalui pemanfaatan lahan dan pekarangan sebagai tempat budidaya toga, setidaknya dapat menyadarkan masyarakat akan pentingnya pelestarian lingkungan, mencegah pencemaran lingkungan dari dampak perubahan iklim.
“Banyak hal positif yang terkandung di dalamnya di antaranya, salah satu terpenting mengangkat perekonomian masyarakat,”pungkasnya.(PS/BERMAWI)





Komentar Anda

Terkini: