Tingkatkan Perekonomian, Kabupaten Labura Prioritaskan Rencana Aksi Daerah Kelapa Sawit Berkelanjutan

/ Selasa, 14 Februari 2023 / 12.05.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM - LABURA - 
Sebagai langkah nyata dalam membangun dan meningkatkan perekonomian masyarakat di Negeri Basimpul Kuat Babontuk Elok, Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Utara (Labura) menggelar rapat terkait Rencana Aksi Daerah Kelapa Sawit Berkelanjutan (RAD-KSB) yang bertempat di Aula kantor Bupati Ahmad Dewi Syukur, Selasa (14/2/2023).

Pertemuan yang dipimpin oleh wakil Bupati Labura, H.Samsul Tanjung,S.T,M.H, dihadiri oleh Kabid Perkebunan Pemprovsu, Ir.Indrawan Girsang, Kadis Pertanian Labura, drh.Sudarija, Kepala Bappeda, Iwan Lubis, sekretaris GAPKI Labuhan Batu Raya, Heri Darianto,S.H,KPH wilayah III, Yudi, serta beberapa pimpinan OPD Kabupaten Labuhanbatu Utara.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Samsul Tanjung menyampaikan selamat datang kepada para stakeholder yang berhadir serta semoga dengan kehadiran ini kita dapat mewujudkan kesejahteraan masyarakat khususnya di Kabupaten Labuhanbatu Utara.

Indrawan Girsang dalam paparannya mengatakan, demi tercapainya poin-poin penting dalam hal ini dibutuhkan kerja sama yang baik antara instansi dan lembaga terkait. 

Sementara itu, Kadis Pertanian Labura drh.Sudarija sebagai narasumber menyampaikan, saat ini sektor penting dalam peningkatan ekonomi masyarakat adalah perkebunan kelapa sawit. Hal ini terbukti dari meningkatnya jumlah penerimaan tenaga kerja khususnya masyarakat disekitar perkebunan.

Pada kesempatan yang sama, Heri Darianto yang mewakili Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) mengungkapkan, GAPKI memiliki 90 perusahaan di 13 Cabang dengan luas sekitar 556.448.40 Ha.

"Khusus Labuhanbatu Utara terdapat 10 perusahan yang tergabung ke dalam GAPKI baik BUMN maupun Swasta," ucap Heri.

Asril Manurung sebagai moderator menutup pertemuan dengan mengutip pernyataan ICRAF (the Internationa Centre for Research in Agroforestry) yakni, penyusunan RAD-KSB bertujuan sebagai pedoman pelaksanaan bagi pemangku kepentingan terkait kelapa sawit untuk meningkatkan sinergi, koordinasi dan komunikasi dalam mencapai tujuan kelapa sawit berkelanjutan.

(PS/RUDI)

Komentar Anda

Terkini: