SMP N 2 Arse Memperingati Israk Mikraj Nabi Muhammad SAW 1444 H Sekaligus Penyambutan Bulan Suci Ramadhan

/ Rabu, 08 Maret 2023 / 11.34.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM-TAPSEL-Peringatan Israk Mikraj Nabi Muhammad SAW Di SMP 2 Arse dengan tema Dengan Perayaan Israk Mikraj  Nabi Muhammad SAW 1444 H kita wujudkan Profil Pelajar Pancasila yang Beriman, Bertakwa kepada Allah SWT dan Berakhlakul Karimah  yang dilaksanakan dihalaman sekolah Rabu (8/3-2023).


Kegiatan diikuti Kepala SMPN 2 Arse, Komite Sekolah, Camat Arse  Lurah Arse Nauli,  mewakili Ka. Kua, Kepala SMK N 1 Arse,.  penceramah Al Ustazd, Bapak-Ibu guru yang ada di SMPN 2 Arse, alim ulama,  cedik pandai,  siswa/i SD, orangtua Siswa/i, dan seluruh siswa-siswi kelas 7, 8, 9.

Peringati Israk Mikraj Nabi Muhammad SAW 1444 H Sekaligus Penyambutan Bulan Suci Ramadhan di SMP N 2 Arse dirangkai kegiatan pidato,  puisi,  dan nasyid siswa/i.

Lurah Arse Nauli  Hamonangan Siregar dalam sambutannya menyampaikan mudah mudahan dengan pelaksanaan Israk mikraj untuk  menigkatkan iman dan taqwa kita kepada  Alllah SWT. 

Disampaikannya kepada  orangtua murid  agar kita lebih memperhatikan anak anak kita di rumah,  karena di sekolah ini adalah tempat penitipan sementara anak anak kita," ujarnya. 


Selanjutnya Kepala SMP Negeri 2 Arse Aslinawati Batubara S. Pd menyampaikan  terimakasih kepada seluruh undangan yang hadir pada acara  peringatan Israk Mikraj Nabi Muhammad SAW 1444 H Sekaligus Penyambutan Bulan Ramadhan. 

Kasek SMP N 2 Arse dihadapan orangtua murid menyampaikan kegiatan anak anak kita yaitu  Setiap sabtu pagi anak anak kita  melaksanakan sholat dhuha.

Disampaikan Kasek, " tujuan peringatan israk mikraj Nabi Muhammad SAW  agar anak-anak kita peserta didik biar semakin paham dan meningkatnya  imannya dalam melakukan sholat lima waktu dengan tertib.

Makna yang diambil, dikatakannya, dari acara Isra Mi’raj ini untuk menanamkan kepada anak-anak tentang peristiwa isra mi’raj yang diluar akal manusia, tapi bagi Allah SWT mampu memberangkatkan, menjalankan hambanya yaitu Nabi Muhammad SAW.

Isra Mi’raj merupakan perjalanan Nabi Muhammad untuk mendapatkan perintah shalat lima waktu dari Allah SWT yang di tempuh dalam satu malam, yaitu dari Masjidil Haram, Makah menuju Masjidil Aqsa, Yerusalam, kemudian naik ke Sidratul Muntaha atau langit ketujuh, Ini biar dipahami oleh anak-anak," ucap Kasek. 

Makna yang diambil, dikatakannya, dari acara Israk Mi’raj ini untuk menanamkan kepada anak-anak tentang peristiwa isra mi’raj yang diluar akal manusia, tapi bagi Allah SWT mampu memberangkatkan, menjalankan hambanya yaitu Nabi Muhammad SAW.

Isra Mi’raj merupakan perjalanan Nabi Muhammad untuk mendapatkan perintah shalat lima waktu dari Allah SWT yang di tempuh dalam satu malam, yaitu dari Masjidil Haram, Makah menuju Masjidil Aqsa, Yerusalam, kemudian naik ke Sidratul Muntaha atau langit ketujuh.

“Ini biar dipahami oleh anak-anak ternyata Allah Maha segalanya, sehingga meningkatkan rasa yakinnya anak kepada Allah SWT,” terang Kasek.

“Inilah yang ditanamkan di SMPN 2  Arse sehingga bisa memaknai, memahami tentang adanya peringatan Isra Mi’raj,” imbuhnya.

Kasek berharap, setelah acara ini anak-anak semakin meningkat imannya, ketakwaannya, amalnya, kemudian dengan ringan mampu mengamalkan sholat lima waktu dan berakhlak mulia.


"Camat Arse Muhammad Yusuf Nasution S. Sos dalam arahannya antara lain menyampaikan terimakasih kepada SMP N 2 Arse  yang telah melaksanakan acara peringatan isra Mikraj Nabi muhammad saw yang dirangkai penyambutan bulan suci Ramadhan. 

Disampaikan Camat Arse, intinya israk mikaj Nabi Muhammad SAW 1444 H  ini  untuk mengingatkan kita kembali untuk melaksanakan Sholat lima kali sehari semalam, " ucap Camat. 

Camat berharap kepada anak anak kami nanti agar tetap melaksanakan ibadah puasa.  Kami minta kepada kepala sekolah untuk memberikan reward kepada anak anak kami yang melaksanakan puasa selama 30 hari," ujarnya. 


"Sementara itu ustadz Penceramah pada peringatan Israk Mikraj Nabi Muhammad  SAW 1444 sekaligus penyambutan bulan suci Ramadhan Ilham Siregar mengatakan, banyak sekali makna Isra Mi’raj yang bisa kita ambil, diantaranya adalah upaya untuk menjadikan Nabi Muhammad SAW sebagai suri tauladan akhlakul kharimah, yang masalah ibadahnya dan kebersihan hatinya, kemudian menjelaskan kepada kita semua bahwa Allah SWT itu maha Kuasa atas segala sesuatu, yang memperjalankan hambanya dalam waktu yang singkat dalam jarak yang begitu jauh, nanti ini akan semakin menguatkan iman kita kepada Allah SWT sehingga ke depan kita betul-betul memiliki iman yang kuat kepada Allah SWT akan kekuasaannya. Tidak ada yang mustahil jika Allah SWT menghendakinya,” ucapnya.

"Semoga dengan peristiwa Isra Mi’raj ini nanti para anak-anak ini lebih semangat sholat lima waktunya," harap Al Ustazd.

Usai ceramah Al ustazd dilanjutkan doa dan pemberiah hadiah kepada siswa/i yang berhasil dalam acara perlombaan keagamaan Selasa (7/3-2023) oleh Kepala SMP N 2 Arse, mewakili Camat Arse, Kasek SMK N 1 Arse dan guru guru SMP Arse. (PS/BERMAWI)







Komentar Anda

Terkini: