Pemerintah Desa Parsalakan Gelar Pelatihan Peningkatan Kapasitas Kelembagaan Karang Taruna Desa

/ Minggu, 23 September 2018 / 20.51.00 WIB
Suasana Pelatihan Peningkatan Kapasitas Kelembagaan Karang Taruna Desa Parsalakan Berjalan Aman Dan Lancar Di Kantor Kepala Desa Parsalakan, Minggu (23/9/2018). POSKOTA/BERMAWI

POSKOTASUMATERA.COM - TAPSEL - Pemerintah Desa Parsalakan Kecamatan Angkola Barat Kabupaten Tapanuli Selatan Gelar Pelatihan Peningkatan Kapasitas Karang Taruna Desa. Peningkatan Kapasitas tersebut sebagai wujud perhatian Pemerintah Desa terhadap Pemuda yang ada di Wilayah Desa Parsalakan, Minggu (23/9/2018).

Karang Taruna Desa Parsalakan yang sudah berdiri sejak beberapa Tahun lalu, sekarang ini tampak begitu banyak memiliki kegiatan ditengah Masyarakat. Dan Peranan Pemuda di Desa Parsalakan mulai dapat dirasakan manfaatnya.

Dengan Sumber Pendanaan dari Dana Desa Tahun 2018 Pemdes Parsalakan  selama satu hari penuh memberikan Pelatihan terhadap Pemuda agar peran Karang Taruna di tengah - tengah masyarakat semakin baik.

Demikian disampaikan Kades Parsalakan Kecamatan Angkola Barat Surya Darma Siregar kepada POSKOTASUMATERA.COM  usai acara Pelatihan digelar, Minggu (23/9/2018).

Menurut Kepala Desa Parsalakan, Karang Taruna Desa Parsalakan menyambut baik Pelatihan tersebut.

Ketua Karang Taruna Kabupaten Tapanuli Selatan Ahmad Bangun Ritonga SE yang turut hadir menyaksikan Pelatihan tersebut dan dihunjuk sebagai Narasumber menyampaikan, sangat bangga dengan seluruh Pengurus Kecamatan hingga Desa.

“Saya  Bangga kepada seluruh Pengurus Karang Taruna Desa dan seluruh Pengurus Karang Taruna Kecamatan", sebut Ahmad Bangun. 

Dikataknnya, bahwa Karang Taruna  ada  Yel - Yelnya, yaitu : Karang Taruna Bekerja Keras, Karang Taruna Bekerja Cerdas dan Karang Taruna Sejahtera. 

Menurutnya, Karang Taruna jelas mempunyai Payung Hukum ada Peraturan Kementerian Sosial, Kementerian Dalam Negeri dan Peraturan Gubernur Sumatera Utara. Dan untuk tingkat Kabupaten Tapanuli Selatan Pembina Karang Taruna adalah Bupati Tapanuli Selatan, untuk Tingkat Kecamatan Pembinanya adalah Camat dan Untuk Tingkat Desa Pembina adalah Kepala Desa.

Dijelaskannya lagi, ada Tiga yang harus dicapai oleh Karang Taruma yaitu : Perubahan Pengetahuan, Perubahan Sikap dan Perubahan Tindakan. 

"Kita Anggota Karang Taruna mendapat SK, namun tidak digaji oleh Negara, jika pandai menggunkan Organisasi ini lebih dari gaji bisa kita peroleh. Karang Taruna harus menjadi contoh di tengah - tengah masyarakat", sebut Ahmad. (PS/BERMAWI)
Komentar Anda

Terkini: