Pemko Padangsidimpuan Beri Layanan Gratis KB Tubektomi MOW

/ Kamis, 01 November 2018 / 16.18.00 WIB
Salah Seorang Pasien Setelah Selesai Menjalani Operasi( MOW) Di Rumah Sakit Umum Kota Padangsidimpuan, Rabu (31/10/2018). POSKOTA/BERMAWI

POSKOTASUMATERA.COM - PADANGSIDIMPUAN - Pemerintah Kota Padangsdimpuan melalui Dinas Dalduk KB Kota Padangsidimpuan memberikan pelayanan Keluarga Berencana Metode Operasi Wanita (MOW) tanpa dipungut biaya.

"Ada 127 Jumlah Akseptor Tubektomi MOW tersebut," kata Kadis Dalduk KB Drs Khairul Alamsyah didampingi Kabid KB Drs Amirullah Siregar SSos di Rumah Sakit Umum Padangsidimpuan, Rabu (31/10/2018).

Menurutnya, Akseptor yang menjadi Target Pelayanan Kontrasepsi Mantap (Kontap) Wanita dari seluruh 6 Kecamatan se - Kota Padangsidimpuan diselenggarakan Satu Hari penuh di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Padangsidimpuan.

 "Sukses dilaksanakan RSUD Umum Padangsidimpuan bekerjasama Dinas Pengendalian Penduduk dan KB Kota Padangsdiimpuan dan BKKBN Provinsi Sumut dengan melibatkan Tim Medis Provinsi Sumatera Utara", katanya.

Dikatakannya lagi, tujuan dari KB Tubektomi MOW untuk menekan Angka Kelahiran, menekan Angka Kematian Ibu dan Bayi dan mengendalikan Jumlah Pada, serta upaya meningkatkan Kualitas dan Kesejahteraan Keluarga.

Menurutnya lagi, KB Tubektomi Metoda Operasi Wanita dilaksanakan jika suatu Keluarga sudah tidak lagi menginginkan Keturunan (Anak).

Disamping si Isteri maupun si D, tambahnya, sudah tidak cocok lagi menggunakan alat - alat Kontrasepsi seperti Pil, IUD, Implant, Kondom dan sebagainya.

 "Secara umum juga setiap Calon Peserta harus secara sukarela dan tanpa paksaan menerima pelayanan ini", katanya lagi.

Kadis Dalduk KB Kota Padangsidimpuan melalui Kabid KB mengatakan, keuntungan dengan  Kontrasepsi mantap MOW lebih aman dari keluhan dan praktis, sebab, hanya memerlukan satu kali tindakan saja, jadi lebih efektif.

Salah seorang Akseptor berasa Ibu R Harahap menanggapi hal ini mengucapkan, terimakasih kepada Pemerintah sudah bisa ikut sebagai Peserta.

 "Melalui KB Tubektomi kiranya mampu meningkatkan Kesejahteraan Ekonomi dalam Keluarga nantinya", harapnya.

Kegiatan yang berlangsung satu hari itu dihadiri Nyonya Walikota Padangsidimpuan yang juga Ketua TP PKK Kota Padangsdimpuan Derliana Siregar, Nyonya Wakil Walikota Padangsidimpuan yang juga Wakil Ketua TP PKK Kota Padangsidimpuan Linda, beserta jajarannya, Kepala Dinas Dalduk KB Kota Padangsdiimpuan Drs Khairul Alamsyah beserta jajarannya. (PS/BERMAWI)

Ketua TP PKK Kota Padangsdiimpuan Derliana Siregar Sedang Bincang - Bicang Dengan Warga Masyarakat. POSKOTA/BERMAWI
Komentar Anda

Terkini: