Kabupaten Tapsel Terbaik Penggunaan Dana Desa se Sumut

/ Sabtu, 08 Desember 2018 / 23.29.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM-TAPSEL-Pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan Tahun 2018 ini terbaik Penggunaan dana desa se Sumatera Utara.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Tapsel M.Yusuf Nasution saat memberikan kata sambutan pada acara Pencanangan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) ke-15 dirangkai Hari Kesatuan Gerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (HKG) di Desa Panobasan Lombang, Jum'at (7/12).

Disampaikannya, penilaian terbaik penggunaan dana desa se Provinsi Sumatera Utara adalah atas penilaian dari Dinas PMD Provinsi Sumatera Utara baru baru ini ketika saya menghadiri rapat di Medan.

Lebih lanjut disampaikannya, keberhasilan ini semua tidak terlepas dari bimbingan dan arahan Bupati Tapanuli Selatan H.Syahrul M.Pasaribu,SH.

Usai acara Kadis PMD Tapsel ketika disinggung tehnik dan strateginya beliau menjelaskan karena Bupati Tapsel terus menjelaskan bahwa pengelolaan Dana Desa sukses di Tapanuli Selatan dengan empat langkah yang diperbuat. Yaitu menerbitkan regulasi, seperti peraturan tentang pedoman pengelolaan keuangan desa, tata cara pembagian, penetapan rincian Dana Desa, pengalokasian ADD.

Langkah selanjutnya mengawal Dana Desa dengan membentuk Tim Koordinasi Percepatan Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa lintas OPD, penguatan APIP, memberikan advokasi solusi dan mitigasi dalam merespon pengaduan yang terkait dengan penggunaan Dana Desa.

Seterusnya memberikan pendampingan pemberdayaan desa, pelatihan terpadu terhadap perangkat desa, rapat setiap tiga bulan bersama perangkat desa dan seluruh stakeholder terkait lainnya.

Kemudian, menjamin penghasilan tetap perangkat desa. Menjamin keselamatan kerja dan kesehatan mereka lewat BPJS Ketenagakerjaan dan BPJS Kesehatan.

“Dengan memenuhi hak-hak dasar aparat desa, maka merekapun akan memberi hasil kinerja yang terbaik,” jelasnya.

Dia berharap, apa yang disampaikan Bupati Tapanuli Selatan terus diterapkan agar penggunaan dana desa terbaik tetap diperoleh Oleh Kabupaten Tapanuli Selatan untuk Tahun Tahun depan. (PS/Bermawi)

Komentar Anda

Terkini: