Kasdam I BB Jadi Irup Upacara Hari Infanteri 2018

/ Rabu, 19 Desember 2018 / 23.13.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM-BALIGE.
Kepala Staf Komando Daerah Militer (Kasdam) I/Bukit Barisan, Brigjen TNI Hassanudin, SIP bertindak selaku Irup dan Komandan upacara Letkol Inf Rooy Candra Sihombing Danyon 123/ RW  pada upacara peringatan Hari Infanteri  yang dilaksanakan di Lapangan Sisingamangaraja Balige, Rabu (19/12/ 2018).

Rangkaian kegiatan tersebut dilaksanakan pembacaan sejarah singkat Infanteri dengan Paduan penampilan tentara tradisional TNI AD pejuang tempo dulu ketika perang hutan geiliya berjuang menumpas penjajah bersama Panglima Besar Jenderal Sudirman serta pernyataan  penyerahan simbol Peleton Yudha Wastu Pramukha Jaya yang terakhir"
Pada kegiatan tersebut.

Kasdam I/Bukit Barisan, Brigjen TNI AD Hassanudin, SIP  membacakan secara tertulis Amanat Danpussenif Mayjen TNI Teguh Pudjo Rumekso  menyampaikan, selaku Komandan Pusat Kesenjataan Infanteri dan pribadi mengucapkan 'Selamat Hari Infanteri Tahun 2018' kepada segenap Prajurit Korps Infanteri beserta keluarga dimanapun saat ini berada dan bertugas, disertai ucapan terima kasih dan penghargaan yang tulus atas pengabdian, keberhasilan serta prestasi yang telah dicapai prajurit dan satuan Korps Infanteri hingga saat ini dalam mengharumkan nama baik Korps Infanteri dan mendukung tugas pokok TNI Angkatan Darat.


Ditambahkan, dari peristiwa tanggal 19 Desember 1948 tersebut kita mendapatkan nilai-nilai ketokohan, patriotisme, kepemimpinan dari seorang Panglima Besar Jenderal Sudirman, nilai kejuangan, profesionalisme keprajuritan dan sifat pantang menyerah serta nilai kemanunggalan TNI dengan Rakyat yang harus selalu terpatri dalam jiwa, sikap dan tindakan setiap prajurit infanteri. untuk mengabadikan nilai-nilai tersebut, maka TNI AD menetapkan hari tersebut sebagai Hari Infanteri.


Melihat sejarah ditetapkannya hari infanteri tersebut, maka peran, tugas dan fungsi TNI AD khususnya prajurit infanteri tidak dapat dipisahkan dengan lingkungan masyarakat sekitarnya. kebersamaan dengan rakyat menjadi bagian penting dan strategis dalam mendukung pencapaian tugas pokok TNI AD.
Tema yang diangkat pada Peringatan Hari Infanteri Tahun 2018 adalah  “dengan semangat Yudhawastu Pramukha Prajurit Infanteri maengabdi dan membangun bersama rakyat”.

Tema tersebut menurut  Danpussenif Kodiklad TNI AD  mencerminkan komitmen dan tekad yang kuat prajurit dan satuan infanteri untuk menjadi tangguh, profesional, modern serta dicintai dan mencintai rakyat. Makna tema tersebut juga memancarkan semangat pengabdian dan perjuangan tanpa akhir untuk terus memperkokoh kemanunggalannya dengan rakyat serta membangun sinergisitas dengan segenap komponen bangsa lainnya sebagai kekuatan bela negara dalam sistem pertahanan semesta.

Dalam Amanatnya, Danpussenif Kodiklad  berharap tema tersebut tidak hanya dijadikan sebagai slogan belaka, namun, mari kita tanamkan niat dan mantapkan ikhtiar menjadi komitmen bersama, untuk benar-benar dipahami, dihayati dan diimplementasikan secara cerdas dan bijak, melalui langkah dan tindakan nyata secara konsisten, sesuai dengan peran, tugas dan fungsi serta tanggung jawab masing-masing dalam mendukung pencapaian tugas pokok TNI AD.

Diakhir amanatnya, Kasdam I/BB membacakan amanat Danpussenif Kodiklad menyampaikan upacapan terimakasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada para sesepuh infanteri, Pangkotama, Pejabat TNI-Polri, pemerintah daerah, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat, organisasi masyarakat dan media massa serta seluruh lapisan masyarakat yang turut serta dalam membangun dan membesarkan nama korps infanteri dengan memberikan kepercayaan kepada prajurit infanteri untuk tetap terus melaksanakan pengabdian kepada Ibu Pertiwi dalam mengawal dan mengamankan kedaulatan NKRI.

Hubungan harmonis yang telah terjalin selama ini, dapat terus ditingkatkan dan dikembangkan dimasa yang akan datang, untuk bersama membangun dan menjaga negeri yang kita cintai bersama. kontribusi terbaik yang diberikan, merupakan wujud kesetiaan dan Dharma bhakti kita kepada TNI AD yang kita banggakan bersama.

Usai acara dilaksanakan dilanjutkan dengan penyerahan piala pemenang lomba peleton Yudha Wastu Pramuka Jaya oleh Kasdam I/BB.

Juara Tonting Tahun 2018 JUARA 1.YONIF 131/BRS Dengan Nilai973, JUARA 2  YONIF 123/RW Dengan Nilai  961, JUARA 3  YONIF 122/TS Dengan Nilai 932.

Untuk juara pleton pengantar dari TNI:
-JUARA 1.YONKAV 6/NK
-JUARA II.YON ARH 11/WBY
-JUARAH III.YON ARH 13/BY

JUARA PLETON PENGANTAR NON TNI

-JUARA I.PRAMUKA TOBADA
-JUARA II.Polres TT
-JUARA  III.SATPOL PP Humbahas.

Acara tersebut turut dihadiri,
Danrem 023/KS, Danrem 022/PT, Kabaklat Rindam/BB, Danbrig 7/RR, Para Stap Ahli Pangdam1/BB, Para Dandim Jajaran Rem 023KS, bupati tobasa, wakil tobasa, Forkopimda Tobasa ketua Persit KCK korcab Korem 023 dan pengurus.(PS/ALFAN).
Komentar Anda

Terkini: