Pangdam I/BB Sambut Satgas Pamtas Yonif 121/MK di Belawan

/ Sabtu, 15 Desember 2018 / 02.32.00 WIB


POSKOTASUMATERA.COM-BELAWAN-Panglima Kodam (Pangdam) I/Bukit Barisan, Mayjen TNI MS Fadhilah diwakili Irdam I/BB, Kolonel Inf Wisnu Sidharta memimpin upacara penyambutan Satgas Yonif 121/Macan Kumbang dalam rangka purna tugas operasi pengamanan perbatasan darat RI-Papua New Guinea (PNG) di Sektor Utara Tahun 2018 di Pelabuhan Belawan, Sumatera Utara, Jumat (14/12/2018). 

Satgas Pamtas Yonif 121/MK yang berkekuatan 450 personel dengan Komandan Batalyon (Danyon) yang juga Dansatgas, Letkol Inf Imir Faishal ini telah menunaikan tugas Pamtas selama 10 bulan di perbatasan darat RI-PNG di Papua. Pasukan yang berjumlah 450 personel ini tiba di Pelabuhan Belawan dengan menggunakan KRI Teluk Bintuni 520.

Dalam acara penyambutan, Pangdam I/BB yang diwakili Irdam I/BB terlebih dulu menyampaikan permohonan maaf karena tidak bisa hadir langsung melakukan penyambutan, karena adanya tugas pengamanan VVIP kunjungan RI-1 dan Ibu Negara di Kota Pekanbaru, Riau. "Saya akan mengunjungi kalian di Home Base sekembalinya dari peresmian Satuan Terintegrasi di Natuna, Kepri, " ucap Pangdam I/BB seperti yang disampaikan Irdam I/BB.

Di kesempatan itu, Irdam I/BB menjelaskan, upacara penyambutan ini merupakan bentuk penghormatan dan rasa bangga, sekaligus sebagai wujud rasa syukur serta penghargaan komando kepada Prajurit Satgas Yonif 121/MK yang telah selesai melaksanakan tugas secara profesional dalam menjaga Integritas NKRI dari ancaman dan berbagai aksi yang mengganggu keamanan perbatasan darat RI-PNG di sektor Utara. 

"Untuk itu, pada kesempatan yang baik ini, atas nama Komando dan pribadi, saya mengucapkan selamat datang dan terima kasih serta rasa bangga kepada Satgas Yonif 121/MK yang selama 10 bulan telah melaksanakan tugas operasi pengamanan perbatasan di wilayah Papua dengan penuh rasa tanggung jawab dan dedikasi tinggi," jelas Irdam I/BB.

Lanjutnya, Prajurit telah melaksanakan tugas negara secara profesional dan proporsional, sehingga bisa berhasil dengan kriteria baik. Hal ini dilihat dari penilaian unsur pimpinan dan komponen terkait di tempat kalian bertugas yang dilaksanakan dengan standar penilaian yang terukur dan objektif.

Diakui Irdam I/BB, keberhasilan itu merupakan hasil dari pengabdian yang tulus dan ikhlas serta kesadaran untuk berbuat yang terbaik, sehingga rasa tanggung jawab yang diimplementasikan dalam pelaksanaan tugas, dapat menjaga nama baik satuan, khususnya citra Kodam I/BB telah kalian buktikan.

Di akhir amanatnya, Pangdam I/BB mengingatkan seluruh prajurit Yonif 121/MK untuk tetap bersyukur dan berserah diri kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, dan jangan larut dalam kegembiraan yang berlebihan. Karena keberhasilan ini adalah kehormatan dalam menjalankan tugas yang mulia. 

"Terus laksanakan konsolidasi dengan tertib administrasi yang teliti dan benar, sehingga pertanggungjawaban satuan maupun perorangan dapat dilaporkan secara akuntabel, serta segera kembalikan suasana dari daerah operasi menjadi suasana home base, dan yakinkan hak-hak kesejahteraan prajurit dapat dipenuhi sesuai dengan ketentuan yang berlaku," jelas Irdam I/BB. 

Kepada seluruh prajurit Yonif 121/MK, Irdam I/BB juga mengingatkan untuk segera menyesuaikan dengan kegiatan satuan dan mengikuti perkembangan situasi yang ada.

"Akhirnya, dengan tekad yang dilandasi ketulusan untuk selalu berbuat terbaik bagi kejayaan Kodam I/BB, bangsa dan negara, disertai ridho Tuhan Yang Maha Esa, maka Satgas Yonif 121/MK secara resmi saya terima kembali di Kodam I/BB. Tetap semangat," pungkas Irdam I/BB membacakan amanat Pangdam I/BB. 

Turut hadir dalam acara penyambutan, antara lain mewakili Danlantamal I Belawan, mewakili Pangkosekhanudnas III Medan, mewakili Kapoldasu, Kapok Sahli Pangdam I/BB,  para Staf Ahli Pangdam I/BB, para Asisten Kasdam I/BB, para Kabalak, para Dansat BS Kodam I/BB, Bupati dan Kapolres Deliserdang, Kapolres Pelabuhan Belawan, Kepala Otoritas Pelabuhan Belawan, Kepala Syahbandar Pelabuhan Utama Belawan, GM Belawan International Container Terminal (BICT), dan GM Belawan Logistic Centre (BLC), serta undangan lainnya.(PS/ALFAN).

Komentar Anda

Terkini: