Bupati Samosir Minta PT Inalum Lebih Serius Perhatikan Kawasan Danau Toba

/ Jumat, 18 Januari 2019 / 14.36.00 WIB
Suasana Kunjungan Plt Direktur pelaksana PT Inalum Oggy Achmad Kosasih Ke Pemkab Samosir. POSKOTA/PARDIMAN LIMBONG

POSKOTA SUMATERA.COM - SAMOSIR - Kepada Plt Direktur pelaksana PT Inalum Oggy Achmad Kosasih, Bupati Samosir Rapidin Simbolon meminta agar pihak PT Inalum (Indonesia Asahan Aluminium) lebih serius memperhatikan Kawasan Danau Toba.

Hal itu dikatakan Rapidin, Jumat (18/01/2019) di Rumah Dinasnya saat pihak PT Inalum melakukan kunjungan kerja ke Samosir. Menurutnya, keselamatan Lingkungan Hidup Kawasan Danau Toba harus lebih diperhatikan. Mengingat Penggerak Mesin Turbin PLTA yang dikelolah BUMN itu bersumber dari Air Danau toba.

Selain lingkungan yang harus tetap dijaga, CSR (Corporate Cosial Responsibility) dapat lebih besar disalurkan ke Kawasan Samosir, mengingat Kabupaten Samosir adalah Daerah yang memiliki Kawasan Danau Toba yang lebih luas. Namun, dalam penyaluran hendaknya berkoordinasi dengan Pemkab agar hasinya dapat lebih baik dan maksimal.

Pada kesempatan itu, Rapidin juga menyinggung Pajak Air Permukaan (PAP) Danau Toba, agar mengacu kepada UU Nomor 28 Tahun 2009 tentang Pajak dan Retribusi Daerah. Dimana, disana sudah jelas dituangkan tentang pengaturannya.

Untuk kedepannya, Bupati berharap dalam Penghitungan Pajak APU, ikut melibatkan Kabupaten se Kawasan Danau Toba.

Menanggapi hal ini, Oggy Achmad mengatakan, bahwa pihak PT Inalum terus memberikan kontribusi terhadap Pelestarian Kawasan Danau Toba dan Sumber Daya Manusia. Serta, berbagai Program Tanggungjawab Sosial lainya di berbagai bidang.

"Penanaman Pohon di Areal apuluhan Hektar, Pemberian Bantuan ke Geopark Kaldera Toba, Bantuan Pendidikan, Bantuan Upgrade Rumah Baca dan sarana lainnya", elas Oggy. (PS/PARDIMAN LIMBONG)
Komentar Anda

Terkini: