Komisioner KPU Tanjungbalai Audiensi Ke Kantor PWI

/ Sabtu, 12 Januari 2019 / 23.23.00 WIB
Foto Bersama Usai Audensi. POSKOTA/SAUFI

POSKOTASUMATERA.COM - 
Komisioner KPU Kota Tanjungbalai beraudensi ke Kantor Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Tanjungbalai di Jalan Husni Thamrin Kecamatan Datuk Bandar Kota tanjungbalai, Sabtu (12/1/2019).

Selain Audensi, kedatangan Komisioner ini sekaligus bersilaturahmi, berharap membangun sinergitas khususnya dalam pemberitaan.

Ketua KPU Kota Tanjungbalai Luhut Parlinggoman Siahaan SH MKN mengawali sambutannya didampingi Pengurus dan Anggota PWI Tanjungbalai berharap dapat membangun kerjasama yang baik dalam mensukeskan Pemilu 17 April 2019 dimasing - masing daerah khusus di Tanjungbalai.

“Kita sangat bangga dengan PWI atas sambutannya pada kunjungan kali ini. Kami berharap kedatangan Kami terbangun sinergitas yang baik dan kedepannya dalam memberikan kontribusi pemikiran termasuk dalam memberitakan kegiatan program Kami berjalan", kata Luhut.

Luhut Parlinggoman didampingi Komisioner lainnya yakni
Gustan, Bob Friandy, Muhammad Guntur dan Juhari, juga mengapresiapi sikap tegas PWI Tanjungbalai dalam memerangi Berita Hoaks atau Berita Bohong terkait Penyelenggraan Pemilu serentak, yakni Pilpres dan Pileg pada 17 April 2019 mendatang.

Luhut juga menuturkan upaya membangun tersebut akan diperbuat dengan banyak pihak, seperti Ormas, Pers, Universitas dan berbagai elemen masyarakat lainnya, dengan membentuk Relawan Demokrasi (Relasi) yang sedang dalam Tahap Rekrutmen Personil Relawan. 

Relasi tersebut mewakili 11 Segmentasi Pemilih yang berfokus pada Segmen Keagamaan, Pemilih Pemula, Muda, Milenial/Netijen, Perempuan, Keluarga, Penyandang Disabilitas, Marjinal dan Segmen Komunitas.

"Jika ada Anggota PWI maupun Pelaku Pers lainnya berkeinginan menjadi Relasi, KPU sangat mengapresiasi, namun harus tetap mengikuti proses seleksi", kata Luhut.

Hal tersebut juga diungkapkan Anggota Komisioner KPU lainnya Gustan SSos mengatakan, bahwa pihaknya saat ini lagi disibukkan dalam Kegiatan Sosialisasi termasuk masalah DPT. 

“KPU dalam hal ini terus bersosialisasi bagaimana partisifasi dapat ditingkatkan", katanya.

Pihaknya berharap PWI dapat bekerjasama dan akan melibatkan kawan - kawan Media.

Dalam kesempatan itu, Ketua PWI Kota Tanjungbalai Yan Aswika Marpaung SH menyampaikan, siap menjalin sinergitas dengan KPU Kota Tanjungbalai untuk menyukseskan Pemilihan Umum 17 April 2019 di Daerah Tanjungbalai.

Menurut Yan Aswika, Pers juga punya tanggung jawab terhadap Penyelenggaraan Pemilu agar berjalan lancar, aman serta tertib sesuai asas - asas Pemilu, diantaranya Langsung, Umum, Bebas, Rahasia, Jujur, Adil dan berintegritas.

"Kami siap menjalin sinergitas dengan KPU dalam rangka menyukseskan Pemilu 2019 sebagai sebuah proses Demokrasi di Indonesia", ujar Yan Aswika.

Dia juga menyatakan, bahwa Pers memiliki Peran Strategis terhadap suksesnya Pemilu, semisal menyampaikan Informasi (Berita) kepada publik sesuai fakta, tidak bohong (Hoaks) karena dapat merugikan banyak pihak.

"Kita semua sepakat untuk memerangi Koaks. Kami (PWI) mengecam pihak - pihak yang sengaja menyebar Hoaks terutama menyangkut tahapan dalam Pemilu yang terkesan sengaja diciptakan untuk menyudutkan atau menguntungkan pihak tertentu", katanya.

Yan Aswika juga berharap, KPU bisa menjalankan tugas dan fungsinya sesuai kewenangan yang diamanatkan Undang - Undang maupun Peraturan yang ada.

"Bersikaplah netral sebagai Penyelenggara proses Demokrasi yang akan menentukan arah Bangsa ini Lima Tahun kedepan, Untuk itu, KPU diharapkan bekerja sesuai tupoksi, karena pers merupakan Sosial Kontrol ditengah - tengah kehidupan berbagsa dan bernegara", beber Yan Aswika.

Hadir dalam Audensi tersebut Pengurus PWI Tanjungbalai diantaranya, Sekretaris Alogo Harahap, Wakil Sekretaris Tengku Arudi, Anggota yaitu Samsul Bahri, Rabbel S Pane, Ridwan Marpaung dan Nisfu Fitri Sirait. (PS/SAUFI)

Komentar Anda

Terkini: