Bupati Karo Tinjau Lahan Kir

/ Senin, 04 Februari 2019 / 21.33.00 WIB
Bupati Karo Terkelin Brahmana SH  Saat Meninjau Lahan KIR. POSKOTA/BUDIMAN S

POSKOTASUMATERA.COM - KARO - Bupati Karo Terkelin Brahmana SH didampingi Kadishub Gelora Fajar SH, Kepala Bappeda Ir Nasib Sianturi Msi, Kepala PUPR Ir Paten Purba, Kabag Penum Caprilus Barus dan Staf Dinas Perhubungan melakukan Survei Lokasi rencana Pembangunan Kantor Uji Berkala Bermotor, Senin (4/2/2019) di Desa Bandar Tongging Kecamatan  Merek - Kabupaten Karo.

Menurut Kadishub Karo Gelora Fajar Purba, Survei ini atas adanya Surat Kementerian Perhubungan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Nomor AJ.402/3/DRJD/VII/2018 Tentang Persyaratan Akreditasi Unit Pelaksana Uji Berkala Kenderaan Bermotor.

Maka, lanjutnya, dimohonkan kepada 16 Daerah yang ada di Provinsi Sumut salah satunya Kabupaten Karo yang melaksanakan Pengujian Kenderaan Bermotor, agar segera melengkapi persyaratan sesuai Peraturan Perundang - Undangan yang mengacu kepada Peraturan Pemerintah Nomor 55 Tahun 2012 tentang Kendaraan.

"Dituangkan pada Pasal 122 menegaskan, bahwa Pengujian Kenderaan Bermotor hanya dapat dilakukan oleh Unit Pengujian yang memiliki Prasarana dan Peralatan Pengujian (Gedung Uji  Dan Alat Uji) yang akurat didukung oleh Tenaga Penguji yang memiliki Sertifikat Kompetensi Penguji Kenderaan Bermotor", ujar Gelora.

Nah, untuk memenuhi ini Dishub Kabupaten Karo belum memenuhi syarat diatas, hal ini Pengujian Berkala Bermotor (KIR) sudah dihentikan sementara tahun lalu pada 21/12/2018 dan dialihkan sementara untuk Numpang Uji sesuai yang dimohonkan ke Dishub Kabupaten Dairi, karena Dinas tersebut sudah memenuhi persyaratan sesuai dengan ketentuan.

"Mudah - mudahan lokasi yang Kami tinjau ini, dapat menjadi Cocok dan perhatian bagi Bupati Karo dan dapat segera Saya ajukan kembali Analisa Estimasi Rancangan Anggaran Biaya Pengadaan Alat Uji dan Anggaran Pembangunan Gedung Uji di Anggaran P - APBD nantinya melalui Bappeda", Imbuh Gelora.

Menanggapi, Survei Rencana Lokasi yang akan dijadikan sebagai Gedung Uji KIR, saat meninjau di Lapangan, Bupati Karo Terkelin Brahmana SH sangat mengapreisasi lokasi tersebut, cocok sekali untuk dibangun Kantor Uji KIR Dishub.

"Iya, Tahun 2019 ini harus diprioritaskan dan harus sudah dapat dibangun, kordinasikan dengan Dinas Pertanian Kabupaten Karo selaku pemilik lahan ini. Tadikan sudah diukur lebarnya 17 M sedangkan Panjangnya 50 M, jadi  Bappeda segera anggarkan besaran biayanya, kasihan Kita melihat masyarakat yang jauh tinggal di Desa mengeluarkan banyak uang akibat Pengujian KIR harus keluar dari Kabupaten Karo, apalagi ke Dairi, nah ini harus dicermati dan usahakan Tahun ini semua susah clear dan clean," tegasnya.

Kepala Bappeda Ir Nasib Sianturi Msi membenarkan, bahwa Lokasi Bandar Tongging ini layak untuk dibangun terkait sarana dan prasarana Uji KIR. 

"Apalagi Analisa Estimasi Rancangan Anggaran Biaya Pengadaan Alat Uji dan Anggaran Pembangunan Gedung Uji di Anggaran P - APBD, sudah ada di Bappeda", ujarnya.

Disinggung untuk jumlah biaya yang harus ditampung dalam Anggaran Bangunan, Sianturi mengatakan, sudah ada taksiran terkait pembangunan Gedung Uji KIR tersebut. 

"Gedung tadi Kita taksir menelan biaya 17 M x 50 M, sebesar 1 Milyrad, sedangkan Pengadaan alatnya berkisar 5,9 Miliyard, Ini masih Taksiran Analisa, nanti saat pembahasan di P - APBD Kita rampungkan semuanya sesuai data dan fakta yang penting tahun ini Kabupaten Karo tidak akan menumpang Uji KIR lagi ke daerah lain", pungkasnya (PS/BUDIMAN S)
Komentar Anda

Terkini: