Kepala SDN 200509 Pulo Bauk : Perpustakaan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Tingkatkan Wawasan

/ Kamis, 21 Februari 2019 / 22.17.00 WIB
Kasek SD Negeri 200509 Pulo Bauk Siddik SPd Di Depan Ruangan Perpustakaan Yang Baru Selesai Dibangun Akhir Tahun 2018. POSKOTA/BERMAWI
 
POSKOTASUMATERA.COM - PADANGSIDIMPUAN - Kepala SD Negeri 200509 Pulo Bauk Siddik SPd saat terlibat Wawancara dengab Warrawan baru - baru ini mengatakan, bahwa Perpustakaan Sekolah adalah sebagai salah satu sarana pendidikan penunjang kegiatan belajar Siswa dan memegang peranan yang sangat penting dalam mendorong tercapainya tujuan pendidikan di sekolah.

Dikatakannya lagi, Perpustakaan yang baru selesai dibangun akhir tahun 2018 ini diharapkan dapat menubgkatkan keinginan anak - anak untuk lebih giat belajar dan membaca buku.

Ditambahkannya, Dalam Undang - Undang (UU) Sistem Pendidikan Nasional yaitu UU No 2 Tahun 1989 menuliskan bahwa sarana penunjang proses kegiatan belajar mengajar dinamakan “Sumber Daya Pendidikan”.

Menurutnya, Pendidikan tidak mungkin terselenggara dengan baik apabila para tenaga kependidikan maupun para peserta didik tidak didukung oleh sumber belajar yang diperlukan untuk penyelenggaraan kegiatan belajar mengajar yang bersangkutan. Salah satu sumber belajar yang amat penting, tetapi bukan satu- satunya adalah Perpustakaan.

Dijelaskannya, Perpustakaan adalah kumpulan buku - buku atau tempat buku dihimpun menerjemahkan Perpustakaan sebagai salah satu organisasi sumber belajar yang menyimpan, mengelola, dan memberikan layanan bahan Pustaka, baik buku maupun non buku kepada Siswa/i tertentu maupun masyarakat umum.

Sesuai dengan visi dan misi sekolah, tambahnya, Perpustakaan juga menyediakan berbagai informasi mengenai wawasan lingkungan hidup. Sumber informasi itu, berupa buku  buku yang berhubungan dengan Pendidikan di Sekolah.

"Melalui Perpustakaan sekolah, Siswa/i bisa mengambil informasi dari buku . Di sekolah kita yang memiliki Visi dan Misi berwawasan secara otomatis pendidikan. Untuk bisa mengerjakan tugas tersebut, Siswa/i akan memanfaatkan Perpustakaan sebagai pusat informasi", ujar Siddik.

Dengan demikian, katanya, Perpustakaan Sekolah dapat dijadikan sumber belajar Siswa/i maupun guru dalam mendukung proses belajar mengajar, terutama dalam meningkatkan wawasan lingkungan hidup, sehingga Visi dan Misi Sekolah dapat terlaksana. (PS/BERMAWI)
Komentar Anda

Terkini: