Panwas Kecamatan Tano Tombangan Angkola Gelar Pelantikan dan Pembekalan 48 Pengawas TPS

/ Selasa, 26 Maret 2019 / 14.12.00 WIB
Ketua Panwascam Kecamatan Tano Tombangan Angkola Tatar Dongoran Saat Memberikan Arahan Pada Acara Pelantikan Pengawas TPS Di Aula Desa Simaninggir, Senin (25/3/2019). POSKOTA/BERMAWI

Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan Tano Tombangan Angkola Kabupaten Tapanuli Selatan gelar Pelantikan dan Pembekalan kepada Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) yang telah dinyatakan lulus pada rekruitmen PTPS beberapa hari lalu.

Pengawas TPS yang dilantik sebanyak  48 orang  Se - Kecamatan Tano Tombangan Angkola di Aula Desa Simaninggir, Senin (25/3/2019).
Hadir dalam acara Pelantikan PTPS  aparat Pemerintah Setempat, Tokoh Masyarakat, juga Team dari Bawaslu Kabupaten Tapsel.

Materi perdana yang diterima oleh peserta PTPS yakni Tugas, Wewenang dan Kewajiban Sebagai PTPS oleh Ketua Panwascam Tano Tombangan Angkola Tatar Dongoran bersama Anggota Panwascam Tano Tombangan Angkola.

Tatar sapaan akrabnya menjelaskan, bahwa Tugas Pengawas Tempat Pemungutan Suara (TPS) Pemilu 2019 melakukan Pengawasan langsung Proses Pemungutan suara hingga Rekapitulasi Hasil Suara di tingkat TPS. Dan Pengawas TPS telah diatur dalam Pasal 114 Undang - Undang Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu.

“Dalam Pasal itu Pengawas TPS, yakni mengawasi persiapan pemungutan suara, pelaksanaan pemungutan suara, persiapan penghitungan suara, pelaksanaan penghitungan suara dan pergerakan hasil penghitungan suara dari TPS ke Kecamatan", kata dia.

Selain itu, Kata Putra Kecamatan Tano Tombangan ini, Pasal 115 bahwa Pengawas TPS berwenang menyampaikan keberatan dalam hal ditemukannya dugaan Pelanggaran, kesalahan dan/atau Penyimpangan Administrasi Pemungutan dan Penghitungan Suara, menerima Salinan Berita Acara dan Sertifikat Pemungutan dan Penghitungan Suara dan melaksanakan wewenang lain sesuai dengan ketentuan Peraturan Perundang - Undangan.

“Sedangkan, dalam Pasal 116 Pengawas TPS berkewajiban untuk menyampaikan Laporan Hasil Pengawasan Pemungutan dan Penghitungan Suara kepada Panwaslu Kecamatan melalui Panwaslu Kelurahan/ Desa dan menyampaikan Laporan Hasil Pengawasan kepada Panwaslu, Kecamatan melalui Panwaslu Kelurahan/Desa,” pungkasnya.

Ketua Panwascam Tano Tombangan Angkola didampingi Anggota  Panwascam berharap agar Pemilu berjalan aman dan lancar. (PS/BERMAWI)

Komentar Anda

Terkini: