Panwaslu Kecamatan Muara Batangtoru Lantik 49 Pengawas TPS

/ Senin, 25 Maret 2019 / 23.28.00 WIB
Ketua Panwaslu Kecamatan Muara Batangtoru Ali Asman Pardosi melantik Pengawas TPS Di Aula Kantor Camat Muara Batangtoru, Senin (25/3/2019). POSKOTA/BERMAWI

POSKOTASUMATERA.COM - TAPSEL - Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) Muara Batangtoru , melantik 49 orang Pengawas TPS (Tempat Pemungutan Suara) Kecamatan Muara Batangtoru, Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel), Provinsi Sumatera Utara, Senin (25/03/2019), di Aula Kantor Camat Muara Batangtoru.

Acara Pelantikan Pengawas TPS dihadiri Sekcam Kecamatan Muara Batangtoru, Danramil, Sekretariat Bawaslu Kabupaten Tapsel, Ketua dan Anggota Panwaslu Kecamatan Muara Batangtoru, Staf Panwaslu Kecamatan Muara Batangtoru.

Ketua Panwaslu Kecamatan Muara Batangtoru Ali Asman Pardosi  mengatakan, para Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) harus mengikuti Bimbingan Teknis secara baik agar bisa memahami secara benar mengenai aturan pengawasan Pemilu, sehingga Pemilu ini berjalan aman dan lancar.

“Jika Pengawas TPS  tidak memahami aturan Pengawasan, maka sia - sia saja kehadiran Pengawas di TPS", ujarnya.

Lebih lanjut Ketua Panwascam Muara Batangtoru Ali Asman Pardosi  menjelaskan, Pengawas di TPS bertugas mengawasi seluruh Proses Pemungutan dan Penghitungan Suara di TPS. Saat melakukan Pengawasan, PTPS harus berpegang teguh pada aturan - aturan dan perundang - undangan yang berlaku.

Oleh karena itu, sebelum melakukan tugasnya perlu dilakukan pembekalan  terlebih dahulu sebagai bekal dalam melaksanakan tugas. 

“Maka diharapkan sekali petugas PTPS yang baru dilantik ini harus mengikuti Pembekalan kepengawasan agar pengawasannya lebih berkualitas", tandas Pardosi.

Anggota Panwaslu Kecamatan Muara Batangtoru Asman mengatakan, PTPS jangan menjadi penonton ketika ada persoalan yang terjadi di TPS. Selain itu, Pengawas tersebut juga harus mengecek surat undangan (C6) Tiga Hari sebelum hari Pencoblosan berlangsung.

Ia juga mengingatkan kepada para Pengawas untuk tidak terlibat sebagai Tim Paslon saat berkampanye, tapi harus bertindak sebagai Pengawas Pemilu demi mendapatkan hasil Pemilu yang berkualitas.

“Saya berpesan agar bekerja dengan baik dan bertanggungjawab. Di pundak PTPS negara memberikan tugas untuk mengawasi Pemilihan Umum tahun 2019. Sedangkan anggota Panwaslu Kecamatan Muara Batangtoru Edi Saputra Pardosi mengucapkan selamat kepada Pengawas TPS yang baru dilantik semoga bisa menjadi Pengawas TPS yang profesional.

Usai pelantikan dan penggambilan sumpah, kemudian dilanjutkan dengan pembacaan Pakta Integritas serta Pembekalan. (PS/BERMAWI)
Komentar Anda

Terkini: