PLTP Sarulla Terganggu, ULP PLN Aek Kanopan Lakukan Pemadaman Maksimal 30 Menit

/ Sabtu, 23 Maret 2019 / 22.27.00 WIB
Manajer ULP PLN Aek Kanopan Patar TM Siregar Saat Koordinasi Dengan Muspika Setempat. POSKOTA/BJS.

POSKOTASUMATERA.COM - LABURA - Manejer Unit Layanan Pelanggan (ULP) PLN Aek Kanopan Patar TM Siregar, sambil ngopi bareng di Bona Petit, lakukan Koordinasi bersama pihak Muspika Aek Kanopan Kecamatan Kualuh Hulu, terkait akan dilakukannya Pemadaman Maksimal 30 di Wilayah ULP PLN Aek Kanopan, Kamis (21/3/2019).

Tampak hadir dalam bincang santai yang diprakarsai Patar TM Siregar, antara lain Kapolsek Kualuh Hulu diwakilkan Kanit Intel IPTU TM Ginting, Camat Kualuh Selatan A Hariman SPd, Danramil Mayor Inf Thamrin Hasibuan dan beberapa orang Insan Pers.

Dalam pertemuan itu, dibahas terkait adanya gangguan Pelayanan PLN beberapa pekan terakhir ini, di Wilayah Sumatera Utara, termasuk di Wilayah Kerja ULP PLN Aek Kanopan.

Wilayah kerja ULP Aek Kanopan mencangkup, untuk Kabupaten Labuhanbatu Utara ada 2 (Dua) Kecamatan, yakni Kecamatan Kualuh Hulu dan Kecamatan Kualuh Selatan, serta 6 (Enam) Kecamatan di Kabupaten Asahan, yakni Kecamatan Aek Ledong, Kecamatan Aek Kuasan, Kecamatan Pulau Rakyat, Kecamatan Aek Songsongan, Kecamatan  Bandar Pulo dan sebahagian Kecamatan  Rahuning.

Dalam pertemuan itu, Patar TM Siregar menjelaskan, hal ini diakibatkan dampak dari terganggunya Pasokan Listrik dari Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi Sarulla.

‌‌"Adanya Gangguan Teknis yang terjadi pada PLTP Sarulla berakibat tidak bisanya Pembangkit itu memberi Pasokan sebesar 300 MW seperti biasanya, maka akibat Gangguan Pembangkit di PLTP Sarulla ini, menghilangkan Daya untuk Daerah Sumut  sebesar 3x100 MW", jelas Patar.

Selanjutnya Patar menjelaskan, akibat adanya gangguan di PLTP Sarulla ini, sehingga mengganggu Pendistribusian ke masyarakat. Maka saat terjadi Beban Puncak, akan terjadi Pemadaman Bergilir dengan cara dirotasi selama kurang lebih 30 Menit.

Pemadaman itu terjadi karena akibat terganggunya Pasokan Listrik dari PLTP Sarulla sejak 5 Maret, Pasokan Listrik untuk Unit Induk Wilayah Sumut otomatis berkurang.

Saat kekurangan beban, kata Patar, untuk menghindari Devisit maka Pemadaman terjadi maksimal 30 Menit, mau sampai 2 (Dua) atau 3 (Tiga) kali dalam sehari, tergantung perubahan beban untuk proses peralihan dari Sistem Bagian Utara (SBU) ke Sistem Bagian Tengah (SBT).

Hal ini berlangsung dalam waktu yang belum ditentukan, karena masalah ini diluar kendali, namun saat ini pihak PLN tetap berupaya melakukan Percepatan Perbaikan dan telah mendatangkan ahli dalam pembenahannya. 

Pemadaman Listrik terjadi pada Pelanggan Tegangan Tinggi (TT) 150 KV, pelanggan Tegangan Menengah (TM) 20 KV hingga Pelanggan Umum.

Merespon hal ini, Camat Kecamatan Kulauh Selatan Hariman SPd, dengan segera melakukan Pemberitahuan kesetiap Kepala Desa melalui Grup WhatApp. Bahwa akan terjadi Pemadaman paling lama 30 Menit hingga 2 atau 3 kali dalam sehari. Dan selanjutnya, akan menyurati para Kepala Desa, untuk diinformasikan ke masyarakat.

Selaku Manager, Patar TM Siregar juga menyampaikan permintaan maaf kepada masyarakat atas ketidak nyamanan yang dialami para Pelanggan akibat Pemadaman tersebut. (PS/BJS).
Komentar Anda

Terkini: