Pemkab Karo Akan Benahi Jalan Menuju Wisata Air Panas

/ Sabtu, 18 Mei 2019 / 22.42.00 WIB
Salah Satu Kondisi Jalan Menuju Permandian Air Panas Desa Semangat Gunung. POSKOTA/BUDIMAN S

POSKOTASUMATERA.COM - KARO - Akses Jalan menuju Permandian Air Panas Raja Berneh Desa Semangat Gunung Kecamatan Merdeka Kabupaten Karo, kondisinya saat ini banyak dihiasi dengan panorama lobang - lobang besar di Badan Jalan. 

Hal ini tentu saja mengurangi minat para Wisatawan untuk datang berkunjung kedua kalinya ke tempat Wisata Permandian Alam Air Panas tersebut, di karenakan Jalan yang sulit untuk di tembus agar sampai ke tujuan.  

Dengan berkurangnya pengunjung, pastilah mengurangi income untuk Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Karo dan pemasukan untuk warga setempat. Apalagi disebut - sebut Pemerintah terkesan lamban dalam berbenah. 

Kepala Desa Muhammad Akhyar Gonting melalui Morhen Surbakti Ketua BPD, Jumat (17/05/2019) kepada Wartawan saat dikonfirmasi menyampaikan, sangat menyayangkan beberapa akses Jalan yang rusak menuju Objek Wisata dimaksud.

"Sayang sekali tempat ini bagus, buktinya pengunjung masih tiada henti datang kesini, namun sedikit di sayangkan, Jalan masuk banyak lobang - lobang tanpa perawatan, Jalan sepanjang 5 KM ini cukup parah, sehingga lobang yang dalam, saat hujan turun selaku tergenang hingga berhari - hari. Dan itu lah kemarin Kami warga disini pada Sabtu (09/03/2019) lalu melakukan Aksi Unjuk Rasa kecewa kepada Pemerintah Daerah dan menuntut Perbaikan Jalan Rusak tersebut", ujarnya. 

Dikatakannya lagi, Aksi dua bulan lalu tersebut masih jelas dalam ingatan, bahwa janji Wakil Bupati Karo Cory S Sebayang saat itu, di Losd Desa Semangat Gunung di dampingi SKPD terkait dan di hadapan para warga Desa mengatakan, bahwa Jalan tersebut akan di perbaiki di Bulan April dan paling lama Bulan Mei 2019 sudah akan diperbaiki, sebut Morhen mengulang ucapan Wakil Bupati Karo.

"Namun nyatanya, hingga saat ini Jumat (17/05/2019) belum ada tanda - tanda perbaikan, sehingga Kami cemas, mungkin mereka (Wakil Bupati beserta SKPD) lupa janji tersebut, maka melalui Pemberitaan ini Kami ingatkan kembali, karena Kita sudah memasuki Bulan Mei 2019", ungkapnya. 

Sambungnya lagi, untuk Perbaikan Akses Jalan ini, masyarakat Desa Semangat Gunung sangat mengharapkan janji Wakil Bupati Karo ketika hadir di Losd Desa Semangat Gunung Semangat di Bulan Maret lalu.
Wakil Bupati Karo Cory S Sebayang saat dikonfirmasi Wartawan terkait hal ini membenarkan pihaknya telah berjanji kepada warga soal Perbaikan Jalan itu.

"Pada dasarnya, Kita pihak Pemkab Karo tidak diam, tetap akan ditindak lanjuti. Namun, sesuai Regulasi tata cara pelaksanaan Pembangunan Jalan yang menggunakan APBD Karo 2019, harus melewari Proses Tender. Untuk saat ini, Proses Tender tersebut akan berlangsung dan direncanakan di Bulan Juni 2019 telah selesai dan secepatnya Perbaikan Jalan dimaksud akan dikerjakan", kata Cory. 

Di sisi lain, warga Desa Semangat Gunung juga membutuhkan perhatian serius dari Pemkab Karo terhadap Penanggulangan Bencana Alam Longsor pada Badan Gunung Sibayak yang berdampak pada akses Jalan dan Lahan Pertanian warga Desa. 

Pada posisi ini, Cory menanggapi, bahwa Pemerintah harus bijak, agar semua keluhan warga dapat ditangani dengan baik dan dalam kondisi seperti ini, terlebih dahulu ditanggulangi bagian yang dimaksud skalaprioritas", ungkapnya.

Menurutnya, disamping Pekerjaan Penanggulangan Dampak Bencana Alam, Proses Tender juga berlangsung. Justru itu, diminta kepada warga Desa Semangat Gunung untuk bersabar sebentar menunggu Penyenyelesaian Tender oleh ULP dan Penanggulangan Bencana Alam", tutup Cory. (PS/BUDIMAN S)
Komentar Anda

Terkini: