Kapolres Belawan Berikan Penyuluhan Kepada Pelajar Akan Bahayanya Narkoba Dan Kenakalan Remaja

/ Rabu, 24 Juli 2019 / 19.51.00 WIB
Ket Foto:Kapolres Pelabuhan Belawan saat memberikan arahannya kepada Pelajar tentang bahayanya Penyalahgunaan Narkoba dan kenakalan remaja.

POSKOTASUMATERA.COM-BELAWAN-Dalam rangka mencegah kenakalan remaja dikalangan pelajar, Kapolres Pelabuhan Belawan AKBP H Ikhwan Lubis SH MH beri penyuluhan tentang bahaya penyalahgunaan narkoba dan kenakalan remaja lainnya kepada siswa-siswi untuk wilayah Medan Utara pada Rabu (24/7/2019) di Aula Wira Satya Polres Pelabuhan Belawan.

Pada kegiatan penyuluhan ini, Kapolres memberikan penyuluhan dengan materi yang disampaikan, yaitu pengertian narkoba, jenis narkotika, efek dan dampak negatif menggunakan narkotika serta ancaman pidana.

Dalam arahannya, Kapolres menyampaikan bahwa kegiatan penyuluhan ini dalam rangka memberikan wawasan dan pengetahuan akan pentingnya mencegah dan menangkal pengaruh narkoba bagi kalangan remaja.

“Peran aktif guru dan siswa-siswi sangat mendukung dalam menciptakan lingkungan sekolah bebas narkoba,” ujarnya.

Dijelaskannya, selama ini pihak Polres Pelabuhan Belawan telah berupaya melaksanakan pembinaan kegiatan penyuluhan di sekolah-sekolah, diantaranya pembinaan upacara bendera, memberikan pendidikan tertib rambu lalu lintas saat penerimaan siswa baru di sekolah dan menyantuni anak yatim serta kegiatan pendidikan lainnya.

AKBP H Ikhwan juga berpesan kepada peserta didik yang berhadir agar senantiasa mewaspadai pengaruh narkoba maupun pengaruh buruk seperti kenakalan remaja diantaranya, balap liar maupun tawuran. Kepada para siswa-siswi juga diingatkan untuk senantiasa berdisiplin dalam waktu, mematuhi aturan berlalu lintas demi keselamatan jiwa kita saat berkenderaan.

Kapolres mengapresiasi bila ada para siswa-siswi yang anti narkoba dan selalu disibukan dalam berbagai kegiatan yang positif seperti mengikuti kegiatan Pramuka, seni beladiri seperti karate dan pencak silat maupun olahraga lainnya.
Ket Foto:AKBP Ikhwan saat berfoto bersama dengan peserta penyuluhan.

Dalam kegiatan ini, dipaparkan Kapolres melalui layar slide gambaran tentang remaja dan pelajar yang terjerat pengaruh narkoba hingga masa depannya menjadi hancur, sedangkan pelajar yang tidak terpengaruh narkoba mencapai prestasi sampai jenjang sarjana yang akhir hidupnya menjadi sukses.

“Bagi remaja yang terpengaruh narkoba dan kenakalan remaja maka hidupnya menjadi hancur tak memiliki masa depan justru berakhir di penjara serta tak sedikit yang mati,” sambung Kapolres.

Tayangan selanjutnya, mengambarkan pengguna jalan yang melakukan aksi balap liar hingga akhirnya terjadi kecelakaan lalu lintas serta tayangan video yang menggambarkan betapa banyaknya pengguna jalan yang tak mematuhi rambu-rambu lalu lintas hingga menimbulkan kesemrawutan lalu lintas menimbulkan keresahan bagi para pengguna jalan lainnya.

Kegiatan ini dihadiri oleh sejumlah guru-guru maupun para siswa-siswi SMA, SMK Se-Medan Utara diantaranya, SMA Negeri 1 Hamparan Perak, SMK Muhammadiyah 04 Medan, SMK Tarbiyah Islamiyah Hamparan Perak, SMA Negeri 9 Medan, SMA Hangtuah Belawan, SMA DR.Wahidin Sudirohusodo, SMK Negeri 13 Medan, SMK TR YP.Sinar Husni, SMA Educare Perguruan Nasional Brigjen Katamso, SMKN 12 Medan, SMA dan SMK Teknologi Swasta Budi Agung Medan.

Dalam kegiatan penyuluhan tersebut juga diisi dengan sesi tanya jawab yang dibimbing oleh Kasat Binmas Polres Pelabuhan Belawan Kompol Justar Purba, SH memberi materi arahan tentang narkoba dan kenakalan remaja.(PS/RIADI)
Komentar Anda

Terkini: