Pelayanan Disdukcapil Dairi Sudah Maksimal

/ Selasa, 13 Agustus 2019 / 22.47.00 WIB
Ir.Benpa Hisar Naban

POSKOTASUMATERA.COM-SIDIKALANG-Wakil Ketua DPRD Dairi Ir.Benpa Hisar Naban dalam pengakuannya kepada wartawan poskotasumatera.com mengatakan, kalau ada mengatakan menurut penilaannya pelayanan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) sudah maksimal.

"Setelah saya lihat di lapangan ketika pelayanan kepada masyarakat cukup bagus, apalagi di kantor. Sayapun dulu per"nah juga berasumsi bahwa pelayanan Disukcapil kurang bagus.Tetapi setelah saya lihat cara kerja beliau-beliu begitu rumitnya,apalagi yang dihadapi masyarakat awam, berkas-berkas yang begitu banyak yang mau di seleksi apakah memenuhi syarat berkas-berkas tersebut," katanya, Senin (12/8/2019).

Soalnya persyaratan harus sesuai dengan aturan yang ada,nggak bisa asal-asal ada saja,artinya selaku Wakil Ketua DPRD Dairi menilai,bahwa para PNS yang bertugas di Disdukcapil sudah maksimal untuk melayani masyarakat. "Kalau saya seperti itu setiap hari menghadapi masyarakat yang datang ke kantorku ratusan orang,wah pasti pusing," ujarnya.

Diuraikannya, kalau masalah masyarakat yang kurang puas sebagaimana manusia biasa tentu hal yang wajar saja,namun pimpinanlah harus menilai SKPD mana yang layak dipuji atau diapresiasi kinerjanya untuk pelayanan masyarakat.

"Kita harus bangga kepada mereka,soalnya yang dihadapi masyarakat yg berbeda pola pikir masing-masing," bebernya

Ditempat terpisah,sebelumnya,(09/08/2019) Plt.Kadis Kependudukan Pencatatn Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Dairi Amudi Naiborhu ketika dijumpai diruang kejanya mengatakan,pelayanan Disdukcapil ini sudah maksimal dan berusaha untuk melayani kepentingan masyarakat.

Kalau adapun tudingan masyarakat kurang baik atau kurang puas,tentu sebagai manusia biasa,wajar beliau-beliau mengatakan seperti itu,dan itulah tantangan hidup serta resiko pekerjaan.Yang penting kita lakukan tugas sesuai dengan tupoksi.

"Artinya tugas kami di kantor ini adalah menerima berkas mereka yang sudah lengkap persyaratannya sesuai dengan kebutuhannya,dan persyaratan yang dibutuhkan tersebut tidak bisa ditawar-tawar,namanyapun persyaratan,soalnya kalu ada nanti masalah dekemudian hari,tentu kami yang terjerat hukum," ungkap Naiborhu.

Masyarakat juga, lanjutnya, perlu mengetahui bahwa para pegawai tidak ada waktu untuk menerang-nerangkan segala persyaratan,atau membantu mengisi formulir yang dimohonkan dan harus sudah lengkap, tinggal seleksi persyaraan dan mengerjakan.

"Sekali lagi kami beritahukan melalui media ini, bahwa pegawai kami tidak ada waktu memberikan penjelasan atau sosialisasi dikantor ini. Soalnya setiap tahun Disdukcapul melakukan pelatihan kepad para Kepala Desa,perangkat Desa bahkan sampai kepada para Kepala Sekolah,seperti pada tahun lalu dilakukan di Balai Karian jalan 45 Sidikalang. Hanya tahun inilah yang tidak dilakukan sosialisasi,kalau enggak setiap tahun dilaksanakan," tuturnya.

Jadi masyarakat harus tahu bahwa sosialisasi telah dilakukan melalui para Kepala Desa dan para perangkatnya, bahkan brosurpun dikasih pada sat itu,yaitu brosur persyaratan. Jadi tanyalah kepada perangkat desanya ujar Plt. Kadisdukcapil Kabupaten Dairi itu kepada media poskotasuma tera.com.(PS/K.TUMANGGER)

Komentar Anda

Terkini: