Dandim 0212/TS Buka Pencanangan Baksos TNI-KKBPK-Kesehatan di Tapsel

/ Kamis, 22 Agustus 2019 / 08.15.00 WIB
POSKOTASUMATERA.COM-TAPSEL-Guna mensukseskan program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) di wilayah Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel), Kodim 0212/TS ikut terlibat melalui bakti sosial (baksos) TNI-KKBPK-Kesehatan.
Sebagai wujud aksi nyata, Kodim 0212/TS bersama Pemerintah Kabupaten Tapsel pun melaksanakan pencanangan baksos TNI KKBPK-Kesehatan tahun 2019, di aula Makodim setempat, Jalan Imam Bonjol, Padangsidimpuan, Selasa (20/8/2019).

Pencanangan baksos ini sendiri merupakan salah satu bentuk kontribusi nyata TNI bersama dengan Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, dan mitra kerja lainnya dalam rangka upaya membangun kependudukan Indonesia

Dengan gerakan tersebut, diharapkan kependudukan Indonesia akan tumbuh seimbang dengan daya dukung yang tersedia. Sehingga, bangsa ini secara keseluruhan akan menjadi bangsa yang kuat, sejahtera, adil, dan makmur.

Dikesempatan itu, Dandim 0212/Tapsel Letkol Inf. Akbar Nofrizal Yusananto menyatakan harapannya agar program KKBPK dapat menjadi gerakan yang dapat diterima, baik oleh seluruh lapisan masyarakat, khususnya di daerah Tapsel.

“Kita semua meyakini, bahwa program KKBPK dapat mempercepat pencapaian keberhasilan program kependudukan keluarga berencana dan pembangunan keluarga. Sehingga, jumlah angka kelahiran dan laju pertumbuhan penduduk bisa ditekan,” tegas Dandim.

Sambung dia, keberhasilan program itu akan menghasilkan SDM tangguh, meningkatkan derajat ketahanan nasional, serta memberikan jaminan terhadap kesinambungan pembangunan nasional. Hingga pada akhirnya, secara signifikan juga akan meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Sementara Bupati Tapsel H. Syahrul M. Pasaribu melalui Kadis Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PPKB) Ahmad Ibrahim Lubis berujar, pihaknya sangat mendukung dan siap bersinergi dengan jajaran Kodim 0212/TS dalam mensukseskan pengendalian penduduk lewat program KB di Tapsel.

Diungkapkannya, kerjasama revitalisasi program TNI-KKBPK-Kesehatan merupakan program lintas sektoral. Dilaksanakan secara terpadu antara unsur TNI dan berbagai instansi serta organisasi sosial kemasyarakatan, tokoh agama, dan tokoh masyarakat.

“Semua komponen yang mempunyai komitmen kuat untuk peduli pada masalah kesehatan masyarakat bersatu padu dan bekerjasama, sehingga dapat menunjang kelanjutan pembangunan nasional, khususnya daerah Kabupaten Tapanuli Selatan,” ujar Ahmad.

Pencanangan baksos dengan tema ‘Untuk Mencapai Cakupan Kesehatan Semesta, Kita Tingkatkan Akses dan Kualitas Pelayanan KB Kesehatan di Seluruh Wilayah NKRI’ ini lalu dirangkai dengan pengumuman dan penyerahan piagam penghargaan bagi pemenang lomba program KB.

Selanjutnya, oleh Dandim 0212/Tapsel beserta tamu undangan lainnya berkesempatan melakukan peninjauan langsung terhadap kegiatan pelayanan KB yang dilaksanakan oleh para petugas KB Dinas PPKB Tapsel. ( PS/BERMAWI)
Komentar Anda

Terkini: