Memperingati Tahun Baru Islam 1441 H, MAN 3 Mengadakan Festival Seni Nasyid Dan Sholawat Ke VI Memperebutkan Piala Bergilir Kanwil Dan Kemenag

/ Rabu, 04 September 2019 / 12.00.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM - MEDAN -
Memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharam 1441 H, Sekolah Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 3 Medan mengadakan Festival Seni Nasyid dan Sholawat ke 6 yang setiap tahun menjadi agenda tetap Madrasah tersebut. Festival Seni Nasyid dan Sholawat yang diadakan setiap tahun ini memperebutkan Piala Bergilir Kakanwil Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara dan Kakankemenag Kota Medan.

Festival SeniNasyid ini diikuti sebanyak 38 Peserta dari tingkat Sekolah Madrasah dan Guru-Guru Madrasah yang ada Sumatera Utara. Terlihat hadir dalam pembukaan Festival tersebut diantaranya Kakanwil Kementerian Agama Sumatera Utara H. Iwan Zulhami SH, Kakan Kemenag Kota Medan Drs.H.Himpun Siregar, Ketua KADIN Provinsi Sumatera Utara Khairul Mahalli, Kepala-Kepala Madrasah dilingkungan Kanwil Kementerian Agama Sumatera Utara serta para tamu undangan lainnya.

Pelaksanaan Festival Seni Nasyid berlangsung selama 3 hari dari tanggal 3-6 September 2019 dan dilaksanakan dilapangan Sekolah MAN 3 Medan.


Dalam kata sambutannya Kepala Madrasah MAN 3 Medan Nurkholidah S.Pd.I M.Pd, mengatakan" bahwa Festival Seni Nasyid dan Sholawat ini merupakan agenda tetap dari Madrasah MAN 3 Medan, dengan tujuan untuk menjalin silaturahmi sesama Madrasah di Sumatera Utara serta bisa menghasilkan kelompok Nasyid yang berprestasi" ujarnya. Selain itu juga agar menambah kecintaan para siswa Madrasah terhadap Seni Budaya Islam khususnya musik Nasyid. 

Nurkholidah juga menambahkan di MAN 3 Selain Pembinaan Ekskul Nasyid, ada juga ekskul lain yang juga telah berprestasi baik tingkat Kota Medan dan sumatera Utara. "Saat ini Siswa/i MAN 3 juga sedang melakukan Budi Daya Jamur. Dalam pemasaran Jamur yang sedang dibudidayakan di MAN 3, juga menjalin kerjasama dengan KADIN Sumatera Utara lewat Kanwil Kementerian Agama Sumatera Utara" ujarnya.

Kakanwil Kememterian Agama Sumatera Utara dalam arahannya mengatakan "Sekolah Madrasah harus mampu bersaing dengan Sekolah-Sekolah Umum. Untuk Meningkatkan mutu Pendidikan di Madrasah perlu ada 3 Komponen Pendukung diantaranya: Dukungan dari Pemerintah, Dukungan dari Sekolah dan Komite serta Dukungan dari pihak Swasta". Saat ini Kanwil Kementerian Agama Sumatera Utara telah menjalin kerjasama dengan KADIN Provinsi Sumatera Utara dalam hal pengembangan potensi dari para siswa Madrasah dengan mengajarkan wirausaha serta pemasaran produk yang dihasilkan oleh Madrasah-Madrasah yang ada di Sumatera Utara.


Khairul Mahalli selaku ketua KADIN Sumatera Utara dalam sambutannya. Pihaknya menyambut baik kerja sama yang telah disepakati antara KADIN dan Kanwil Kementerian Agama Sumatera Utara. "Pihak KADIN berjanji akan memasarkan Produk-Produk yang dihasilkan oleh Madrasah yang ada di Sumatera Utara ini" ujarnya.

Setelah membuka Festival Nasyid dilanjutkan dengan meninjau langsung lokasi budidaya jamur yang saat ini di sedang di kembangkan oleh Madrasah Aliyah Negeri 3 Medan serta stan-stand dari para Siswa/i serta Ekskul yang ada di MAN 3 Medan. (PS/DIAN W)
Komentar Anda

Terkini: