SMA Negeri 6 Padangsidimpuan Wujudkan Program Sumut Bermartabat

/ Jumat, 08 November 2019 / 14.45.00 WIB
Ket foto : Kasek SMA N 6 Padangsidimpuan Ahwin Daulay,S.Pd memantau tanaman sekolah baru baru ini
( POSKOTA/BERMAWI)

POSKOTASUMATERA.COM- PADANGSIDIMPUAN-Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 6 Padangsidimpuan yang terletak di Kompleks Sekolah Jln Sutan Soripada Mulia  mewujudkan program Sumatera Utara ( SUMUT ) Bermartabat.
Adapun  Program  SMA N 6 Padangsidimpuan untuk wujudkan Sumut bermartabat yaitu demgan  pembiasaan 5 S yang dilaksanakan di SMA N 6  Padangsidimpuan dilaksanakan dalam 3 kegiatan. Pertama dalam kegiatan pengembangan diri yang meliputi kegiatan rutin sekolah, kegiatan spontan, keteladanan, dan pengkondisian. Kedua, dilaksanakan dalam kegiatan pembelajaran melalui kegiatan-kegiatan di dalam proses pembelajaran. Ketiga, dalam budaya sekolah program 5S dilaksanakan dalam kegiatan ekstra kurikuler.

Program pembiasaan 5S meliputi, Pertama, Senyum: Senyum merupakan ibadah. Biasanya orang yang tersenyum itu merasa bahagia. Kedua, Salam: dalam agama Islam, salam merupakan ibadah. Memberi salam, menjawab salam, dan menebarkan salam termasuk amal sholeh. Ketiga, Sapa yaitu  menyapa identik dengan menegur. Menyapa berarti mengajak orang untuk bercakap-cakap. Dengan menyapa menunjukkan bahwa diri kita perhatian kepada seseorang tersebut. Keempat Sopan yaitu sopan memiliki arti hormat, takzim, dan tertib menurut adab. Kelima, Santun yaitu memiliki pengertian halus dan baik tingkah lakunya, sabar dan tenang juga penuh rasa belas kasihan dan suka menolong.
Demikian disampaikan Kasek SMA 6 Padangsidimpuan Ahwin Daulay,S.Pd kepada awak Media POSKOTASUMATERA. COM baru baru ini di ruang kerjanya.

Disampaikannya," Kepala Sekolah, Guru, dan semua warga sekolah harus memahami pendidikan karakter. Nilai-nilai karakter yang dikembangkan melalui program pembiasaan 5S adalah toleransi, peduli sosial, dan cinta damai. Bila program pembiasaan 5S ini berjalan dengan baik, insya Allah hubungan antar siswa dengan siswa, dan siswa dengan guru, maupan guru dengan guru dan kepala sekolah bisa berjalan dengan baik, sehingga tercipta hubungan yang kondusif, aman, dan damai di sekolah.
Seterusnya pihaknya juga menyampaikan kepada  Siswa untuk tidak membuang sampah sembarangan agar tercipta suasana yang indah dan nyaman di sekolah.
Di akhir pembicaraanya Kasek berharap kepada warga sekolah agar tanaman yang ada di sekolah   untuk sama sama menjaga dan merawatnya sehingga tercipta suasana yang aman dan sejuk di Sekolah
( PS/BERMAWI)
Komentar Anda

Terkini: