Pemkab Tapsel Terima Penghargaan Kabupaten Peduli HAM Dari Kemenkumham RI

/ Jumat, 13 Desember 2019 / 21.11.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM-TAPSEL -Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tapanuli Selatan (Tapsel) menerima penghargaan sebagai Kabupaten Peduli Hak Asasi Manusia (HAM) pada Peringatan Hari HAM Sedunia ke 71 dari Kemenkumham RI di Gedung Merdeka, Jalan Asia Afrika, Kota Bandung, Jawa Barat. Selasa (10/12/2019).

Adapun Peringatan Hari HAM Sedunia Ke-71 Tahun 2019 mengambil tema "Pelayanan Publik Yang Berkeadilan." Sedangkan Pemkab Tapsel merupakan salah satu dari 20 kabupaten/kota yang meraih penghargaan sebagai Kabupaten Peduli HAM di Sumatera Utara.

Wabup Tapsel H. Aswin Efendi Siregar merasa bersyukur atas penghargaan tersebut. Menurutnya, apresiasi itu tidak terlepas dari adanya bimbingan dan dorongan Bupati Tapsel H. Syahrul M Pasaribu kepada pimpinan OPD dan seluruh ASN Tapsel sehingga upaya pemerintah dalam pemenuhan hak asasi manusia di Kabupaten Tapsel dapat terwujud.

“Kita dapat meraih penghargaan Kabupaten Peduli HAM adalah berkat hasil kerja keras bersama pemerintah daerah dan masyarakat, tapi saya harap OPD jangan lengah dengan capaian ini, masih ada sektor yang harus dibenahi dan tentunya saya minta dukungan masyarakat untuk bisa menghadirkan pelayanan yang lebih baik lagi,” ujar Wabup yang saat menerima penghargaan didampingi Kabag Hukum Aswin Rangkuti.

Aswin menambahkan, Pemkab Tapsel harus terus berupaya menjunjung tinggi norma-norma hak masyarakat. Baik di bidang pelayanan publik, kesehatan, pendidikan, ekonomi, sosial budaya hingga kebebasan dalam berpendapat. Karena norma-norma tersebut adalah prinsip yang dijamin oleh amanat konstitusi yang harus kita laksanakan bersama," jelasnya

Aswin berharap, melalui momentum peringatan Hari Hak Asasi Manusia sedunia ke 71 kali ini, hendaknya pemerintah dan masyarakat bisa bersama-sama memperkuat penegakan dan perlindungan hak asasi manusia serta berkomitmen dalam membangun kesadaran terhadap pentingnya penegakan dan perlindungan hak asasi manusia, harapnya.

Peringatan Hari HAM Sedunia ke-71 dihadiri oleh Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan HAM (Polhukam) Mahfud MD, Dirjen Hak Asasi Manusia pada Kemenkum HAM RI Mualimin Abdi, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan seluruh kepala daerah se-Indonesia yang menerima penghargaan tersebut. (PS/BERMAWI)
Komentar Anda

Terkini: