Plt Kepala Desa Huraba Buka Acara Rapat Musrenbangdes Tahun Anggaran 2021

/ Sabtu, 25 Januari 2020 / 09.35.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM-TAPSEL-Plt Kepala Desa Huraba Basirun Siregar bertempat di kantor Kepala Desa Huraba  membuka acara  Musrenbang Desa Rencana Kerja Tahun anggaran 2021 baru baru ini.
Dalam kegiatan musrenbang dihadiri Kepala Desa terpilih Swardan Pane, Plt Kades Basirun Siregar, Babinsa,Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Adat, dan berbagai elemen masyarakat lainnya.

Acara musrenbang Di buka langsung Oleh Plt. kepala desa  Huraba Basirun Siregar.

Basirun Siregar menyampaikan," Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) telah menjadi istilah populer dalam penyelenggara perencanaan pembangunan dan penganggaran di Daerah dan Desa, bersamaan dengan penerbitan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanan Pembangunan Nasional (SPPN), maka Musrenbang dapat menjadi ruh pembangunan karena musrenbang merupakan pondasi awal dalam perencanaan pembangunan agar efektif dan efisien.

Seperti kita ketahui bahwa Musyawarah itu sendiri berasal dari kata Syawara yaitu berasal dari Bahasa Arab yang berarti berunding, istilah di Desa marpokat  yaitu rembug atau mengatakan dan mengajukan sesuatu.

Musrenbang desa dinyatakan dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 66 Tahun 2007 Pasal 1 ayat (11), yang menyebutkan bahwa Musrenbang Desa adalah forum musyawarah tahunan yang dilaksanakan secara partisipatif oleh para pemangku kepentingan desa untuk menyepakati rencana kegiatan di Desa Huraba. Sedangkan sesuai dengan Permendagri 114 Tahun 2014 Pasal 46 ayat  bahwa Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbang Desa) diselenggarakan oleh Kepala Desa untuk membahas dan menyepakati rancangan RKP Desa.

Pasal 1 ayat 7 juga menjelaskan bahwa musyawarah tersebut dilakukan antara BPD, Pemerintah Desa dan semua unsur masyarakat yang diselenggarakan oleh Pemerintah Desa untuk menetapkan prioritas, program, kegiatan dan kebutuhan pembangunan Desa yang didanani  APBD,APBD Provinsi dan APBN.
Dengan mengharap ridho Allah SWT dengan mengucapkan bismilahhirohmanirrohim  Musrenbang Desa Secara resmi saya buka.

Musrenbang Desa dipimpin Oleh pendamping desa Dodi Harahap.  Dalam musrenbang tersebut memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk mengusulkan usulan pembangunan apa saja yang sangat mendesak dan lebih berguna .

Puluhan  masarakat desa Huraba yang  turut menghadiri acara rapat tersebut mengusulkan yang terdiri dari beberapa Item usulan prioritas masyarakat yaitu Bidang Kesehatan, Pertanian dan Pendidikan.(PS/BERMAWI)
Komentar Anda

Terkini: