Antisipasi Gagal Panen, Pemkab Samosir Bangun Pompa Besar.

/ Rabu, 05 Februari 2020 / 21.17.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM-SAMOSIR- Cuaca yang tidak menentu, sering membuat para petani gagal panen. Saat musim kemarau berkepanjangan tiba, maka petani di Samosir khususnya petani padi akan menjerit. 

Untuk mengantisipasi, Pemkab Samosir mengambil terobosan dengan membangun pompa air sebanyak dua unit di Kecamatan Palipi, dengan kehadiran pompa itu diharapkan petani padi terhindar dari gagal panen dan mampu meningkatkan hadil produksi. 

Kita sudah bangun 2 unit pompa air di Desa Sigaol Simbolon dan Desa Palipi untuk mengairi sawah seluas 250 hektar, dengan kapasitas pompa bisa mengeluarkan rata-rata @ 50 liter/detik. Kata Bupati Samosir Rapidin Simbolon selasa (04/02/2020). 

Melalui Dinas Pertanian dan Dinas Pekerjaan Umum, bersama Kecamatan dan Aparat Desa, kita terus memonitoring daerah-daerah persawahan masyarakat. Sehingga jika ada kendala dilapangan bisa langsung ditangani. 

Kalau pompa besar masih tidak mampu mengairi sawah yang lumayan luas itu, Tim terpadu kita langsung menurunkan mesin pompa kecil, sehingga aktifitas para petani kita tidak terkendala. Seperti pengolahan lahan, penanaman dan perawatan lainya. Jelasny.(PS/PARDIMAN LIMBONG)
Komentar Anda

Terkini: