Polres Kampar Gelar Rakor Antisipasi Karhutla Libatkan Perusahaan Perkebunan

/ Selasa, 10 Maret 2020 / 15.58.00 WIB
Suasana Rakor Penanganan Karhutla di Polres Kampar, Pihak Perusahaan Deklarasikan Komitmen Antisipasi Karhutla. POSKOTA/NURMAN

POSKOTASUMATERA.COM - BANGKINANG KOTA - Selasa (10/3/2020) Pagi sekira Pukul 09.00 Wib, bertempat di Gedung Serbaguna Polres Kampar dilaksanakan Rapat Koordinasi (Rakor) dalam rangka antisipasi Karhutla menuju Kampar Bebas Asap Tahun 2020.

Rakor ini dipimpin langsung Kapolres Kampar AKBP Mohammad Kholid SIK dan dihadiri Waka Polres Kompol Ricky Ricardo SIK, Para Kabag, Para Kasat dan seluruh Kapolsek jajaran Polres Kampar.

Juga hadir dari BPBD Kampar diwakili Kabid Kedaruratan dan Logistik Nofiarudin serta seluruh Perwakilan pihak Perusahaan Perkebunan dan Kehutanan yang ada di Wilayah Kabupaten Kampar dengan jumlah yang hadir keseluruhan sekitar 100 orang.

Rakor ini diawali sambutan oleh Kabag Ops Kompol Lilik Surianto SST SH yang menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah hadir dalam kegiatan Rakor ini.

Lebih lanjut disampaikannya, bahwa Rakor ini bertujuan agar masing - masing pihak dan seluruh Stakeholder dapat saling bersinergi untuk mencegah terjadinya Karhutla di Wilayah Kabupaten Kampar.

Pada kesempatan ini, Kabag Ops memaparkan data Mapping Kerawanan Karhutla di Wilayah Kabupaten Kampar, serta upaya - upaya yang telah dilakukan Polres Kampar dan Polsek Jajaran dalam menanggulangi Karhutla termasuk Penegakan Hukumnya.

Kabag Ops juga menyinggung tentang Aplikasi Dashboard Lancang Kuning yang digagas Kapolda Riau untuk membantu Penanganan Karhutla di Wilayah Riau dan Aplikasi tersebut telah di Launching oleh Kapolri dan Panglima TNI menjadi Program Nasional.

Pihak Polres Kampar juga mengucapkan terimakasih kepada Perusahaan dan pihak lain yang telah memberikan bantuan Alat Pemadaman Karhutla termasuk upaya - upaya yang telah dilakukan bersama dalam menanggulangi Karhutla di Wilayah Kabupaten Kampar.

Dari BPBD Kampar yang diwakili Kabid Kedaruratan dan Logistik Nofiarudin dalam sambutannya menyampaikan, bahwa pihak BPBD bersama seluruh Stakeholder terkait, juga berkomitmen untuk mengantisipasi Karhutla di Wilayah Kabupaten Kampar.


Terjadinya Karhutla sebagian besar disebabkan karena kesengajaan manusia. Untuk itu, perlu perubahan perilaku masyarakat dan menjadi tanggung jawab bersama untuk mensosialisasikannya.

Selanjutnya, Arahan dari Kapolres Kampar AKBP Mohammad Kholid SIK, yang diawali ucapan terimakasih kepada seluruh pihak yang hadir dalam Rakor Antisipasi Karhutla ini menjelaskan, bahwa tujuan Rakor ini adalah untuk menyamakan persepsi bagaimana mencegah dan menanggulangi Karhutla di Wilayah Kabupaten Kampar.

"Kita harus punya komitmen untuk mengatasi permasalahan Karhutla ini, serta menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk ikut berpartisipasi dalam mencegah maupun menangani Karhutla", ujar Muhammad Kholid.

Selain itu, juga akan dibentuk Rayonisasi Penanganan Karhutla dengan melibatkan pihak Perusahaan, hal ini untuk memudahkan dalam Pelaksanaan Penanganannya.

"Mari Kita bekerjasama dan saling bersinergi dalam mencegah dan menanggulangi Karhutla di Wilayah Kabupaten Kampar, untuk mewujudkan Riau Bebas Asap Tahun 2020", ungkap Kapolres.

Selanjutnya, dilakukan Sesi Tanya Jawab dan Didkusi, Kapolres Kampar memberikan kesempatan kepada seluruh Peserta untuk menyampaikan usul saran terkait permasalahan Karhutla yang ditanggapi langsung oleh Kapolres.

Diakhir acara, dilakukan Foto Bersama dan dilanjutkan Pembacaan Deklarasi oleh Perwakilan Perusahaan Perkebunan dan Kehutanan yang ada di Kabupaten Kampar.

Mereka menyatakan, Komitmen untuk mengantisipasi Karhutla bersama Polres Kampar guna mewujudkan Kampar Bebas Asap Tahun 2020, kegiatan berakhir pada Pukul 11.15 WIB dan seluruh rangkaian acara berlangsung dengan lancar. (PS/NURMAN)

Komentar Anda

Terkini: