Yayasan Sahabat Dakwah Peduli Muslim Daerah Samosir (Sada Pemuda) Diresmikan di Mesjid Al Jihad Medan

/ Senin, 02 Maret 2020 / 08.59.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM- MEDAN-Sejumlah umat Islam minoritas asal Samosir membentuk Yayasan Sahabat Dakwah Peduli Muslim Daerah (Sada Pemuda) Samosir yang diresmikan di Mesjid Al Jihad, Jln Abdullah Lubis, Medanbaru, Medan, Jumat (28/2/2020).

Hal ini disampaikan,Ust Ali Nasrun S.Pd, M.Pd.I dan pengurus yayasan, Pardamean Sihotang sekilas menjelaskan, cikal bakal pendirian yayasan karena dai pengajar di Mesjid Nurul Iman Sihotang merupakan dai yang ditempatkan Yayasan Bina Muslim Minoritas Sumatera Utara (YBMMSU) binaan Ust Daka Simajuntak.

YBBMSU ini kata Ust Ali Hasibuan akan meninggalkan Samosir dan konsentrasi dakwah di daerah Tapanuli Utara terhitung Maret 2020, sementara masyarakat Sihotang tetap berharap ada dai yang mengabdi di sana.

Dua hal tersebutlah katanya yang menjadi cikal bakal lahirnya keinginan sahabat dakwah mendirikan yayasan yang diawai dengan diskusi terbatas di kalangan internal sahabat dakwah. Dan ternyata ungkap Ust Ali, Allah memudahkan segala jalan sehingga secara resmi, Sada Pemuda Samosir dapat diresmikan untuk melanjutkan perjuangan YBMMSU dakwah di lembah Sihotang.

Sekaligus tambahnya, memperluas cakupan wilayah dakwah yang semula hanya di Sihotang menjadi seluruh tempat di Kabupaten Samosir.

Kepada Poskota ,Ketua Pembina Yayasan Sada Pemuda Samosir, Sudiman Sihotang menjelaskan pihaknya akan menjadikan yayasan tersebut menjadi yayasan yang amanah dan berkualitas dalam mewujudkan pembinaan keislamanyang rahmah dan berkearifan di Kabupaten Samosir.

Yayasan tersebut katanya akan menyediakan data dan informasi mengenai  umat Islam di Kabupaten Samosir kepada yang memerlukan dan peduli untukmemajukan ummat Islam di daerah Danau Toba itu.
Beberapa hal yang segera akan dilaksanakn paparnya menjalin kerjasama dengan Kemenag RI di Kab Samosir guna mendekatkan hubungan antar umat Islam Samosir dengan pemerintah. "Yayasan Sada Pemuda Samosir juga katanya akan kerjasama dengan yayasan lain atau lembaga yang telah/akan mengirim da’i ke daerah Samosir guna membantu tercapainya tujuandakwah di sana,"sebutnya.

Beberapa program yang akan dijalankan yakni meneruskandakwah di Sihotang yang selama ini dilaksanakan oleh YBBMSU, memperbanyak anggota komunitas  Sahabat Dakwah Samosir, menyelenggarakansafari Ramadhan 2020 menyelenggarakanqurban tahun 2020, musabaqoh, dan menempatkanda’i  di Ronggurni Huta dan Onan Runggu.

Yayasan katanya didirikan tidak untuk memilikiaset, semua dana diarahkan hanya disetorke rekening yayasan dan dikeluarkandari rekening secara bertanggung jawab sesuai akad peruntukannya. Lebih lanjut mengenai Yayasan dapat berkunjung ke alamat Sekretariat di Jln Menteng VII Gang Swasembada No. 7  Medan Tenggara Medan, www.yasada.org atau instragaram, youtube dan fanspage yayasan.

Adapun susunan pengurus yayasan, Ketua Pembina, H.  Sudiman Sihotang, SH, MH, anggota, Sihol Sihotang, SH, dan Nuddin Sinabang, S.Pd, MM. Ketua Umum Yayasan, Ust Ali Nasrun Hasibuan, S.Pd, M.Pd.I, Ketua, Lamhot Simarmata, S.Ag, Sekretaris Rosul Fauzi Sihotang, S.Ag, dan Bendahara, Helfrida Situmorang, S.Kep, Ners M.Kep.

Sedangkan Ketua Dewan Pengawas, H Naharuddin Manurung, S.Ag, Anggota, Bainuddin Pasaribu, S.Pd.I, dan Pardamean Sihotang, SH.
Turut hadir pada launching Yayasan Sada Pemuda Samosir, Komunitas Sahabat Hijrahku, Komunitas Sahabat Dakwah, Ust Ahmad Kamal, Pembina YBBMSU, Dakka Simanjuntak, serta beberapa tokoh muda Medan lainnya dalam bidang dakwah.
(PS/SAUFI).
Komentar Anda

Terkini: