DPRD Minta Pemkab Beri Dana Stimulan Pada Pelaku Wisata

/ Rabu, 27 Mei 2020 / 13.45.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM - SAMOSIR. Akibat Pandemi covid-19 yang berkepanjangan membuat dunia usaha pariwisata di Kabupaten Samosir sangat berdampak. Mulai dari penjaga destinasi wisata, Hotel, restoran, souvenir dan usaha lainya sangat merasakan efeknya. 

Hal itu terjadi setelah Pemkab Samosir menutup seluruh tempat wisata di Samosir untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona. Industri pariwisata Samosirpun terlihat seperti "Mati Suri". 

Ditengah kondisi buruk bencana non alam Covid-19 yang sudah berjalan tiga bulan, para pelaku dan pekerja pariwisata Samosir merasa tidak mendapat perhatian dan pendampingan dari pemerintah. "Padahal usaha pariwisata menjadi salah satu penyumbang terbesar PAD terhadap APBD Samosir beberapa tahun terakhir ini".

Hal ini diungkapkan H.Sidabutar sebagi perwakilan paguyuban pelaku pariwisata Kabupaten Samosir saat melakukan pertemuan pelaku pariwisata dengan komisi III DPRD Samosir di Pantai Batu Hoda, Kecamatan Simanindo. 

Pada pertemuan ini, paguyuban pelaku pariwisata menyampaikan berbagai informasi tentang kesulitan yang mereka alami. Dan meminta bersama DPRD mencari alternatif jalan keluar. Kemudian diharapkan dapat menjadi bagian dari design kebijakan Pemerintah Kabupaten Samosir.

Menanggapi keluhan mereka, Komisi III DPRD Samosir yang dipimpin Jonner Simbolon bersama Rismawati Simarmata, Pantas Marroha Sinaga dan Paham Gultom menanggapi serius. Dan berjanji akan menindaklanjuti serta akan memanggil instansi terkait untuk Rapat Dengar Pendapat (RDP).

Rismawati Simarmata sebagai anggota Komisi menambahkan, DPRD akan mendorong pemberian bantuan atau stimulan bagi pelaku usaha pariwisata. “Kita minta pemerintah hadir untuk memberikan dukungan, bisa itu dengan pemberian stimulan agar industri pariwisata bisa terus berjalan,” tutur Rismawati

Ditambahkannya, dukungan dan peran pemerintah dalam industri pariwisata sangatlah penting, terlebih sektor pariwisata juga banyak memberikan dampak positif serta pemasukan bagi pendapatan Kabupaten Samosir. (PS/PARDIMAN LIMBONG)
Komentar Anda

Terkini: