Perjuangan Letkol Inf (Purn) Joseph Ginting Abdikan Diri ke NKRI, Tanamkan Patriotisme Hingga ke Anak Cucu

/ Senin, 17 Agustus 2020 / 03.11.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM-MEDAN-Perjuangan Letkol Inf. (Purn) Joseph Ginting yang kini telah tiada tak luput dari kenangan rakyat Indonesia dalam peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 75 ini.

Sosok Almarhum Letkol Inf. Josep Ginting dengan NRP 191124 ini melekat di lubuk sanubari dengan jiwa patriotismenya sejak zaman perjuangan kemerdekaan RI hingga pejuang ini mengabdi di Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (ABRI) yang saat menjadi Tentara Nasional Indonesia (TNI).

Bersama istri tercintanya M Br Surbakti, Letkol Inf. Joseph Ginting menjalani pengabdian di berbagai jabatan di matra Angkatan Darat dan melahirkan anak yang mengikuti jejak perjuangannya di berbagai kesatuan di TNI dan Polri.

Perwira TNI-AD yang lama menetap di Kota Binjai ini berjuang bersama pemuda Sumatera guna mengusir penjajah dari NKRI ini.

Pejuang yang lahir di Tanah Karo 25 Oktober 1928 ini di masa kemerdekaan pernah menjabat  Danki di Batalyon Infanteri Yonif 125/Simbisa, Kadenma Batalyon Infanteri 7 / Rimba Raya Kodam I/BB dan KASI 4 Korem 023/DT.


Istri dan para Putra Putri Alm. Letkol Inf (Purn) Joseph Ginting.

Perwira TNI-AD yang meninggal dunia pada 22 Maret 2002 ini juga pernah menapuk jabatan Kasdim 0206 Dairi, Dandim 0206 Dairi serta menjabat Pamen Kodam I / Bukit Barisan,

Dibidang sosial keagamaan tak diragukan lagi dengan aktifnya beliau di berbagai kegiatan kemasyarakatan dan keagamaan.

Alm. Letkol Inf. (Purn) Joseph Ginting,  juga  Pemrakarsa dan Pendiri Pertama, Badan Kerja Sama Antar Gereja (BKAG) Kota Binjai - Kabupaten Langkat Pada Tahun 1987.

Diawal pembentukan organisasi agama ini, Joseph Ginting nenjabat Ketua BKAG Kota Binjai - Kabupaten Langkat Tahun 1987 - 1992 hingga periode 1996-2001.

Atas keaktifannnya, dia dikenal sebagai Tokoh Masyarakat, Tokih Adat, Tokoh Agama dan aktif dalam kegiatan organisasi lintas agama dan etnis di Kota Binjai dan Sumatera Utara.

Hingga kini sang Istri M Br Surbakti masih aktif di Warakawuri Kota Binjai dengan kondisi kesehatan yang masih fit karena ketulusannya mendampingi perjalanan Alm. Letkol Inf (Purn) Joseph Ginting semasa hidupnya.

Jiwa patriot dan darah pejuang Almarhum Letkol Inf (Purn) Joseph Ginting ini mengalir hingga ke para cucunya.


Dari Kiri ke kanan, Efan Yudha Putra Sembiring, Richy Ricardo Sembiring, Depri Yura Efrata Sembiring dan Devina Natania Sembiring. Para Paskibraka cucu Alm. Letkol Inf (Purn) Joseph Ginting.

Diantara cucunya, tercatat Evan Yudha Putra Sembiring, Amd.IP, SH terpilih menjadi Pasukan Pengibar Sangsaka (Paskibraka) Provinsi Sumatera Utara pada peringatan HUT Kemerdekaan RI Tahun 2004. 

Cucunya yang lain, Michel Bramulia Tarigan, S.Or. Paskibraka Provinsi Sumatera Utara Tahun 2013. Kedua cucunya ini mengabdi di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia RI Sumatera Utara. 


Michel Bramulia Tarigan, S.Or.

Selain itu ada Richy Ricardo Sembiring SH MH, anggota Polri bertugas di Ditreskrimsus Polda Sumut yang menjadi Paskibraka Provinsi Sumatera Utara Tahun 2006. 

Depri Yura Efrata Sembiring, SH. Baru saja menyelesaikan Kuliahnya di Fakultas Hukum Universitas Sumatera Utara, dan sedang kuliah Lanjut Program Magister Ilmu Hukum, terpilih
Paskibaraka Provinsi Sumatera Utara tahun 2014. 

Devina Natania Br Sembiring
Taruni Tingkat Dua Akademi Imigrasi - Kementerian Hukum dan HAM RI. Paskibraka Kota Medan Tahun 2016

Kevin Ananda Ginting, Baru mendapat kabar bahagia telah lulus seleksi SBMPTN LTMPT 2020 di Universitas Udayana Fakultas Teknologi Informasi. Paskibraka Kota Binjai 2019.


Kevin Ananda Ginting

Para pejuang muda ini semua merupakan para Cucu Alm. Letkol Inf. (Purn) Joseph Ginting yang lahir dari rahim anak dan menantu nya. Mereka amat menekankan jiwa pengabdian warisan sang Kakek.

Perjalanan perjuangan Alm. Letkol Inf. (Purn) Joseph Ginting akan mengalir di kisah patriot dan pejuang yang akan selalu dikenang. Sedangkan semangat dan jiwa nya akan mengalir di darah setiap putra putri bangsa. 

Bangga kita memiliki sosok Letkol Inf (Purn) Joseph Ginting yang menjadi pionir perjuangan dan pengabdian di Sumatera Utara tercinta kala itu. Semoga Tuhan Yang Maha Esa menempatkan di sisi terbaik Nya. (PS/IRFANDI)
Komentar Anda

Terkini: