Relawan PPKBD Di Kecamatan Palipi Terbentuk

/ Selasa, 15 September 2020 / 21.04.00 WIB
POSKOTASUMATERA.COM - SAMOSIR - Untuk mewujudkan dan membangun IMP (institusi masyarakat perdesaan) di bidang keluarga berencana, melalui Dinas Dinas Pengendalian Penduduk dan KB, Pemkab Samosir membentuk kader/relawan Pembantu Pembina Keluarga Berencana Desa (PPKBD).  

Pembentukan PPKBD itupun kedepannya direncanakan akan mengelola program kependudukan dan KB dalam upaya membangun keluarga sejahtera, dan sekaligus menjadi sebuah wadah dalam upaya membangun keluarga sejahtera ditingkat Desa/ Kelurahan.

Untuk kecamatan Palipi, PPKBN sudah dibentuk dan akan mulai melaksanakan tanggungjawabnya. Untuk menyemangati mereka, Selasa (15/9), Wakil Bupati Samosir Juang Sinaga mengatakan agar kader PPKBD semangat membangun kesadaran masyarakat dalam penerapan program Keluarga Berencana. 

"PPKBD harus bekerja dengan tulus, memberikan pencerahan dan penjelasan kepada masyarakat tentang pentingnya program Keluarga Berencana. Selain menjaga jarak kelahiran anak, maka orang tua juga dapat merencanakan pendidikan dan masa depan si anak." 

Kata Juang, PPKBD memiliki 6 peran yang harus dijalankan. Yakni pengorganisasian, pertemuan, KIE dan Konseling, Pencatatan pendataan dan pemetaan sasaran, pelayanan kegiatan dan kemandirian. Dengan menjalankan program itu, maka PPKBD dinyatakan berhasil dalam menjalankan tugas dan tanggungjawabnya. (PS/PARDIMAN LIMBONG)
Komentar Anda

Terkini: