BPKP Sumut Cek Dana Desa Hutabaru Siagian Tahun 2020

/ Jumat, 16 Oktober 2020 / 13.56.00 WIB

          

POSKOTASUMATERA.COM-TAPSEL- Badan Pemeriksa Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) langsung turun ke lapangan untuk mengecek langsung fisik proyek yang dibiayai Dana Desa tahun 2020 di Desa Hutabaru Siagian, Kecamatan Batangtoru, Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel), Rabu, (14/10).



Kepala Desa Hutabaru Siagian, Muchlis Pohan mengatakan,  kedatangan BPKP Provinsi Sumatera Utara berkaitan dengan pemeriksaan administrasi penggunaan dana Desa tahun anggaran 2020. Pemeriksaan fisik bangunan padat karya tunai (PDKT) dan pemeriksaan kegiatan penanganan pandemik covid-19 dan mekanisme penyaluran bantuan langsung tunai ( BLT ) sumber dana Desa.

"Bukan hanya mengecek administrasi pertanggungjawaban, tim audit juga turun ke lapangan untuk mengukur langsung kegiatan pembangunan fisik apakah betul-betul sesuai dengan spesifikasi dan ukuran," ujar Muchlis Pohan saat dikonfirmasi.

Dijelaskan Muchlis Pohan, pembangunan jalan usaha tani cor rabat beton dicek betul ketebalan, lebar dan panjangnya, bahkan untuk ketebalan dicek dengan digali tanahnya sehingga terlihat pekerjaan dana Desa, juga diperiksa bangunan MCK. 
“Tim audit cek Jalan cor rabat beton dan turun langsung mengukur panjang, lebar dan ketinggian dengan acuan RAB yang ada di Realisasi,” ungkapnya.


Kata Muchlis Pohan,  Tim pemeriksa BPKP provinsi Sumatera Utara langsung turun ke Desa di kabupaten Tapanuli Selatan  memeriksa satu Desa untuk satu Kecamatan dan untuk kabupaten Tapanuli Selatan hanya di kunjungi 4 kecamatan. Sedangkan untuk kecamatan Batang Toru Desa Hutabaru Siagian sebagai Desa pemeriksaan tim BPKP ini.

Ditambahkan Muchlis Pohan,  bahwa Hasniah Agustina Harahap sebagai ketua Tim BPKP ini menyampaikan kepada Kepala Desa Hutabaru Siagian agar kedepannya untuk dapat lagi meningkatkan kinerja baik di bidang administrasi pengelolaan keuangan dan pembangunan di bidang padat karya tunai (PDKT). 

Sehingga kedepannya Desa Hutabaru Siagian menjadi salah satu Desa yang berhasil dalam penggunaan anggaran dana Desa yg bersumber dari APBN.

"Terimakasih atas kunjungan dari tim BPKP provinsi Sumatera ke Desa Hutabaru Siagian. karena dengan kunjungan tersebut dapat mengetahui bagaimana pentingnya mempersiapkan administrasi dan kegiatan padat karya tunai,"sebut Muchlis Pohan. 

Dan Muchlis Pohan juga mengucapkan terimakasih pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat  Desa Tapanuli Selatan (DPMD Tapsel ) yang ikut juga mendampingi dalam pemeriksaan tersebut.(PS/BERMAWI)
Komentar Anda

Terkini: