Bupati Tapsel : Kekompakan Umara Dan Ulama Merupakan Kunci Sukses Dalam Melakukan Program-Program Pemerintah

/ Selasa, 06 Oktober 2020 / 21.39.00 WIB
                               

POSKOTASUMATERA.COM-TAPSEL - Kekompakan Umara dan Ulama merupakan kunci sukses dalam melakukan program-program pemerintah. Hal itu disampaikan Bupati pada saat menghadiri Musyawarah Daerah (MUSDA) Ke IX MUI Kab. Tapsel di Aula Pondok Pesantren Jabalul Madaniah Sijungkang, Kecamatan Angkola Timur, Selasa (6/10).

Bupati Tapsel H Syahrul M Pasaribu SH dalam sambutannya menyampaikan apresiasi terhadap MUI Kab. Tapsel karena telah tepat waktu dalam melaksanakan konsilidasi untuk MUSDA, sebagaimana yang diatur didalam konstitusi organisasi sehingga dapat berjalan secara konstituen, konsekuen dan istiqamah.

Kekompakan antara ulama dan umara merupakan kunci sukses dalam program yang disusun pemerintah itu sendiri. Kami merasa tidak pernah lekang dengan ulama terutama MUI, terang Syahrul.

Kita juga selalu melakukan safari diluar bulan Ramadhan seperti Safari Isra Mikraj, Safari Maulid Nabi, Safari Muharram yang gunanya adalah untuk mempererat tali silaturahmi antara Pemkab Tapsel dengan masyarakat, karena dengan kegiatan safari tersebut masyarakat dapat bertemu langsung dan bertatap muka dengan Pejabat Pemkab Tapsel, ungkap Syahrul.

"Disamping itu juga menghimpun potensi ormas menjadi sebuah keharusan, memfasilitasi BKMT, IPHI, Dewan Masjid, bahkan juga memberikan tali kasih kepada masyarakat,” tuturnya.

Sedangkan Ketua DPRD Tapsel Husin Sogot Simatupang menyampaikan, apa yang telah dilaksanakan terhadap kepengurusan MUI Tapsel sudah sangat cukup baik, namun perlu dilanjutkan bahkan ditingkatkan.

Saya berharap dalam kreatifitas dan inovasi dari pengurus, harus menggunakan artifisial intelijen, sebagaimana konten konten video di HP kita agar menjadi seruan dakwah dimasa yang akan datang. 

"Sehingga kedepan kita tidak hanya memikirkan hubungan kepada Allah, namun kedepan kita juga harus memikirkan ekonomi keummatan, inilah yang harus menjadi pemikiran serius MUSDA Tapanuli Selatan.” ungkapnya.

Selanjutnya Ketua Majelis Wali Amanat USU Panusunan Pasaribu dalam sambutannya mengucapkan, selamat kepada seluruh ulama se Kab. Tapsel yang akan melaksanakan Musyawarah Daerah (MUSDA) Ke IX MUI Kab. Tapsel, ucapnya.

Saya selalu memperbandingkan bagaimana kompaknya kerukunan umat beragama di Tapanuli Selatan dan secara spesifik juga bagaimana aktifnya kegiatan keagamaan di Tapsel dibandingkan dengan daerah lain, ungkap Panusunan. 

Sebelumnya Wakil Ketua Umum MUI Sumut, Dr. H. Arso, M.Ag mengucapkan terimakasih kepada Bupati Tapsel atas dukungannya terhadap umat melalui MUI Kab. Tapsel, alhamdulillah kantor MUI yang tadinya masih berada di Padangsidimpuan sudah dibangun dengan megah di lokasi Perkantoran Kabupaten Tapanuli Selatan, ucapnya.

Selain itu, saya berharap kepada ketua yang terpilih nantinya diharapkan memiliki tiga watak perjuangan Rasulullah yaitu Iman, Ikhlas dan Istiqomah sehingga MUI yang merupakan tenda besar umat Islam benar-benar bisa mengayomi umat, harap Arso.

"Ulama adalah mitra pemerintah sesuai dengan 3 fungsi dan peran MUI, yaitu warasatul anbiya, ikhlaslah dalam mengabdi untuk keumatan, kedua pemberi fatwa, dan ketiga adalah khodimul ummah pelayan umat,” terangnya.

Sedangkan Ketua MUI Tapanuli Selatan KH Ahmad Ghozali Siregar, yang juga pimpinan Pondok Pesantren Jabalul Madaniah Sijungkang dalam sambutannya menjelaskan, MUSDA Ke IX MUI Kab. Tapsel ini mengangkat Tema "Ulama dan Umaro ersinergi dalam melanjutkan pembangunan keummatan di Bumi Tapanuli Selatan kedepan."

Adapun Musda kali ini diikuti oleh Dewan Pimpinan MUI Kabupaten, terdiri dari 15 Kecamatan, tokoh-tokoh pesantren dan masyarakat yang berjumlah 50 orang, jelasnya.

Dalam MUSDA Ke IX MUI Kab. Tapsel yang diselenggarakan secara formatur (9 orang) kembali terpilih KH Ahmad Ghazali Siregar sebagai Ketua MUI Kabupaten Tapanuli Selatan.

Turut hadir, Kapolres Tapsel AKBP Roman Smaradhana Elhaj, Kepala Kemenag Tapsel, Ketua IPHI Tapsel, Pimpinan Pondok Pesantren se Tapsel, Pimpinan Ormas Islam se Tapsel, DP MUI Kabupaten bersama Pengurus, Ketua Forkala, dan Ketua MUI Kecamatan. (PS/BERMAWI)
Komentar Anda

Terkini: