BKSDA Sumut Lepas Orangutan di Hutan Sipirok

/ Selasa, 24 November 2020 / 18.30.00 WIB


POSKOTASUMATERA.COM-MEDAN, Balai Besar Konservasi Daya Alam (BKSDA) Sumatera Utara melepas hewan Orangutan Tapanuli di Cagar Alam Dolok Sipirok Kabupaten Tapanuli Selatan. Senin (23/11/2020) kemarin.

Dikatakan, pelepasan satwa dilindungi tersebut merupakan hasil dari evakuasi dari Dusun Padang Bulan Kecamatan Sipirok Kabupaten Tapanuli Selatan. 

"Kami menerima informasi dari masyarakat sekitar tentang keberadaan hewan tersebut yang telah memasuki permukiman warga selama 4 hari," kata Humas BKSDA, Handoko Hidayat, Selasa (24/11/2020). 

Mendapat laporan masyarakat, BKSDA Sumut bekerjasama dengan Yayasan Orangutan Sumatera Lestari (YOSL) dan Orangutan Information Center (OIC) langsung turun ke lokasi untuk mengevakuasi hewan jenis mamalia tersebut. 

"Mengingat kawasan tersebut jauh dari hutan dan tidak mungkin melakukan penggiringan, tim memutuskan untuk menembak bius hewan tersebut," ujarnya.

Lebih lanjut Handoko mengucapkan, Setelah di evakuasi, segera dilakukan pemeriksaan kesehatan yang di lakukan oleh Dokter Hewan dari OIC Drh Epi. 

"Melalui hasil pemeriksaan, kondisi Orangutan tersebut berusia 35 tahun dengan berat bobot 63 kg dan kondisinya sehat, sehingga layak untuk di lepasliarkan kembali ke habitatnya," ungkapnya.

"Diharapkan satwa liar tersebut segera dapat beradaptasi dihabitat aslinya. Kami selalu memonitoring untuk memastikan Orangutan tersebut tetap berada di habitatnya," pungkasnya. (PS/AJI LINGGA)

Komentar Anda

Terkini: